Ketika Tarekat Sufi Mengalami Radikalisasi

Rabu, 02 Agustus 2023 - 16:09 WIB
Kerinduan akan orientasi sederhana di dunia yang tidak setara dan tidak aman telah mendorong interpretasi ultra-ortodoks Islam seperti Wahhabisme dan Salafisme di banyak negara Muslim.

Antropolog dan peneliti Sufi Juergen Wasim Frembgen menggambarkan hubungan antara ketidakadilan dan ekstremisme dalam konteks budaya Pakistan dalam bukunya Sufi Hotel:

“Dengan klaim mereka atas kebenaran absolut, delusi mereka yang membara dan kode moral yang ketat, para Wahhabi dan Salafi yang sepenuhnya percaya diri ini – belum lagi para pendukung ISIS, yang banyak di antaranya diradikalisasi di Internet – sangat sedikit yang tahu tentang keyakinan mereka. Tapi tempat berkembang biak bagi fantasi mereka tentang penebusan dengan segala ketegasan dan kehati-hatian mereka adalah ketidakadilan besar-besaran dan kurangnya kesempatan untuk menjalani kehidupan yang layak yang selama beberapa dekade telah menjadi kenyataan nyata dari Afrika Utara hingga Asia Selatan."



Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa “kesalahan utama untuk pembangunan ekonomi yang tidak setara terletak pada ideologi neoliberal Barat yang makmur dengan kepuasan diri, eksploitasi sumber daya tanpa ragu dan dukungan untuk rezim represif."

"Hari ini, dengan agama konsumsi individualnya, ia menjarah – seperti yang terjadi sebelumnya di era kolonialisme dan perdagangan budak – dan merusak mata pencaharian masyarakat, sehingga mendorong radikalisasi".

Fanatik agama radikal – apakah itu Taliban, gerakan Salafi, atau teroris IS – menyerang tasawuf. Tempat berkembang biaknya serangan-serangan ini diciptakan oleh wacana fundamentalis yang berpusat pada impian untuk memulihkan "Islam sejati" yang dianggap satu.

Dalam perjalanan perkembangan ini, sejumlah tarekat sufi mengalami radikalisasi. Di Pakistan, beberapa gerakan Sufi dalam beberapa dekade terakhir menjadi lebih terpolitisasi, dengan para pendukungnya secara teratur menarik perhatian pada diri mereka sendiri dengan membuat tuduhan penistaan dan tidak menghindar dari kekerasan.

"Berkali-kali, pencemaran nama baik yang sangat dipolitisasi seperti itu mengarah pada konflik kekerasan, pembunuhan atau proses pengadilan yang melanggar hak asasi manusia," demikian Marian Brehmer.

(mhy)
Halaman :
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
cover top ayah
رَبِّ اجۡعَلۡنِىۡ مُقِيۡمَ الصَّلٰوةِ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِىۡ‌‌ ۖ رَبَّنَا وَتَقَبَّلۡ دُعَآءِ‏ (٤٠) رَبَّنَا اغۡفِرۡ لِىۡ وَلـِوَالِدَىَّ وَلِلۡمُؤۡمِنِيۡنَ يَوۡمَ يَقُوۡمُ الۡحِسَابُ (٤١)
Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang yang tetap melaksanakan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku. Ya Tuhan kami, ampunilah aku dan kedua ibu bapakku dan semua orang yang beriman pada hari diadakan perhitungan (hari Kiamat).

(QS. Ibrahim Ayat 40-41)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More