Bacaan Yasin dan Istighosah Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Rabu, 09 Agustus 2023 - 20:20 WIB
Bacaan Yasin dan istighosah ini sangat baik diamalkan untuk memohon pertolongan Allah. Foto ilustrasi/ist
Bacaan Yasin dan istighosah ini dapat diamalkan umat muslim untuk meminta pertolongan Allah ketika dilanda kesulitan atau sedang menghadapi bencana musibah.

Bacaan Yasin ini diyakini dapat mendatangkan rahmat dan pertolongan Allah mengingat Surat Yasin memiliki keutamaan yang sangat agung. Apalagi dirangkai dengan doa istighosah yang cukup populer di kalangan muslim Indonesia.

Istighosah sendiri berasal dari kata "Al-Ghouts" yang bermakna pertolongan. Maka Istighosah sering diartikan meminta pertolongan ketika keadaan sulit atau sukar. Makna Istighosah lebih khusus daripada kata Isti'anah yang maknanya meminta pertolongan secara luas.

Anjuran Istighosah ini tertuang dalam Al-Qur'an sebagaimana firman Allah berikut:

اِذۡ تَسۡتَغِيۡثُوۡنَ رَبَّكُمۡ فَاسۡتَجَابَ لَـكُمۡ اَنِّىۡ مُمِدُّكُمۡ بِاَلۡفٍ مِّنَ الۡمَلٰۤٮِٕكَةِ مُرۡدِفِيۡنَ




Artinya: "(Ingatlah), ketika kamu memohon pertolongan kepada Tuhanmu, lalu diperkenankan-Nya bagimu, "Sungguh, Aku akan mendatangkan bala bantuan kepadamu dengan seribu malaikat yang datang berturut-turut." ( QS. Al-Anfal Ayat 9 )

Untuk bacaan Surat Yasin Lengkap Ayat 1-83 silakan Klik di sini .

Bacaan Istighosah Lengkap:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم


Bismillaahir Rahmaanir Rahiim.

Artinya: "Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang."

1. Membaca Surat Al-Fatihah

بِسْمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ. ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِينَ. ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ. مَٰلِكِ يَوْمِ ٱلدِّينِ. إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ. ٱهْدِنَا ٱلصِّرَٰطَ ٱلْمُسْتَقِيمَ. صِرَٰطَ ٱلَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ ٱلْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا ٱلضَّآلِّينَ


Bismillahirrohmaanirrohiim. Alhamdulillaahi Robbil 'Aalamiin. Ar-rohmaanir-Rohiim. Maaliki Yaumiddiin. Iyyaka na'budu wa iyyaka nasta'iin. Ihdinash shiroothol mustaqiim. Shirootol ladziina an'amta 'alaihim ghoiril maghdhuu bi 'alaihim wa ladh-dhoolliin.

Artinya: (1) Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. (2) Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, (3) Maha Pemurah lagi Maha Penyayang, (4) Yang menguasai hari pembalasan. (5) Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan (6) Tunjukilah kami jalan yang lurus, (7) (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau anugerahkan nikmat kepada mereka bukan (jalan) mereka yang dimurkai (Yahudi) dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat (Nasrani). (QS Al-Fatihah ayat 1-7)

2. Membaca Istighfar (3 Kali)

أسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ


Astaghfirullaahal-'azhiim.

Artinya: "Saya mohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung." (3 Kali)

3. Membaca Dzikir Hauqolah (3 Kali)

لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إلَّا بِا للهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ


Laa haula walaa quwwata illaa billahil'aliyyil 'azhiim.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
Hadits of The Day
Aisyah radliallahu 'anha berkata, Janganlah kamu meninggalkan shalat malam (qiyamul lail), karena Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam tidak pernah meninggalkannya, bahkan apabila beliau sedang sakit atau kepayahan, beliau shalat dengan duduk.

(HR. Sunan Abu Dawud No. 1112)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More