Sejarah Zionis Lahir dari Modernitas yang Berakar pada Nafsu Syahwat

Rabu, 25 Oktober 2023 - 20:10 WIB
Zionis memanfaatkan modernitas untuk menguasai Palestina dan memancarkan pengaruhnya di dunia. Foto/Reuters
Irawan Santoso Shiddiq

Dai yang Juga Penulis Buku Kembalinya Hukum Islam

Zionisme. Ini bermula dari gerakan kesukuan, tentang bersatunya kaum Yahudi. Modernitas telah memberikan mereka peluang. Masa Romawi, klan Yahudi luluh lantak. Masa kedigdayaan Gereja Roma di Eropa, kaum Yahudi juga masih terasing. Mereka belum memiliki kekuasaan dan wilayah. Dan ketika Islam hadir, Yahudi juga berada dalam 'anak bawang'. Klan yang seolah terpinggirkan.

Perang Salib, perebutan antara muslimin dan Nasrani soal Yerusalem, klan Yahudi seolah tak ikut dalam pertarungan. Karena klan itu tengah porak poranda. Berabad-abad, klan dan agama itu, seolah tak lagi menemukan masa kejayaan. Tapi Yahudi kerap memegang mitos kejayaan. Tentang era Nabi Daud Allaihisalam dan Sulaiman Allaihisalam. Karena kaum Yahudi selalu memegang mitos, suatu saat pasti akan kembali kejayaan untuk mereka.

Siapa yang Menguasai Terusalem, Dialah Penguasa Dunia

Dan sejarah telah berkata, sesiapa yang menguasai Yerusalem, dialah penguasa dunia. Simaklah dari era Romawi klasik hingga masa Romawi Nasrani. Yahudi tak pernah memegang kendali atas kota itu. Islam hadir, kendali kemudian beralih. Islam memegang kendali.

Sejak era Sayyidina Umar bin Khattab, sempat kemudian lepas di tangan Dinasti Fatimiyya yang Syiah. Lalu direbut kaum Nasrani dalam kerajaan Baldwin. Tapi kemudian hadir Sultan Salahuddin al Ayyubi dan kaum muslimin yang kuat. Setelah mereka kembali pada ajaran yang sahih.

Amalan tassawuf, berkat pengajaran Imam Al-Ghazali, Syaikh Abdalqadir al-Jilani dan para suyukh lainnya, menghasilkan generasi Amal Ahlul Madinah, yang mewarisi kekuatan Dinul Islam. Disitulah Yerusalem kembali ke tangan muslimin. Hingga kemudian periode Daulah Utsmaniyyah berjaya. Yerusalem dan seisinya masih dalam kekuasaan Islam. Yahudi masih tersingkirkan. Tapi mereka terlindungi dengan apik. Masa Islam itulah masa ketenangan.

Tapi klan Yahudi yang terserak, mereka seolah tak memiliki rumah. Maka mitos "tanah yang dijanjikan" pun menggema. ini menjadi misi utama klan Yahudi. Menciptakan sebuah rumah bagi klan itu. Abad pertengahan, mereka belum menemukan formula. Tapi era modernisme, sejak itulah peluang dan arah telah tertera. Modernitas telah menjadi batu tunggangan apik kaum Yahudi.

Misi "tanah yang dijanjikan" seolah bisa terwujud. Tapi musuh besar masa itu adalah muslimin, yang masih memegang kendali kekuasaan. Di bawah Daulah Utsmaniyyah tentunya. Modernitas inilah yang harus dilihat. Ketika kaum Eropa memulainya dengan "rennaisance". Ini yang disebut pencerahan.

Dua pandangan berbeda dalam melihat kata itu. Tassawuf memiliki makna utuh tentang pencerahan. Tentang tersingkapnya ilmu Laduni, berkat totalitas dalam penghambaan. Maka di situlah pencerahan akan tertoreh. Di situ pula manusia insan kamil akan merasakan bagaimana kembali ke Alamul Qubro, alamul Allastu.

Tentang wilayah perjanjian antara manusia dan Allah Subhanahu wa ta'ala, sebelum ditiupkan ruh ke dunia. "Allastu bi Rabbikum?" (Bukankah Aku Tuhanmu?). Ruh menjawab. Di situlah kala mampu menyingkap tabir alam materi (alamul mulki), maka manusia akan mengalami yang disebut pencerahan. Dan merasakan bagaimana Tajjali, pancaran. Itulah kekuatan untuk kehidupan selama di alam dunia.

Tapi filosof memiliki defenisi berbeda. Pencerahan ala rennaisance berarti manusia menyingkap segala sesuatu (being) berlandas rasionya semata. Dan kaum rennaisance mengutipnya dari fase mu'tazilah, kala filsafat menggema dalam Islam. Dari sanalah pencerahan menyeberang dari Andalusia menuju Italia. Melahirkan pencerahan kosmosentris, tentang alam semesta. Dan ternyata rennaisance itu menjadi senjata ampuh untuk melawan dogma Gereja Roma, yang kala itu menjadi sentral kekuasaan kaum Eropa barat. Copernicus, Galileo hingga Bruno menjadi bukti nyata.

Masa Rennaisance, Yerusalem Masih dalam Kekuasaan Islam

Masa rennaisance, Yerusalem tentang masih dalam kekuasaan Islam. Proyek gagal perang Salib, sebuah gerakan merebut Yerusalem kembali, telah terhenti. Raja Inggris, King Richard berjuluk "the Lion", tetap tak mampu menaklukan kelembutan Sultan Salahuddin dan pasukan muslimin. Alhasil Eropa menemui kebuntuan. Rennaisance dianggap sebagai pilihan jalan. Karena di sana juga terpatri tentang kekecewaan. Rasionalisme menjadi kata kunci untuk perlunya pembaharuan. Agama yang perlu diperbarui.

Rennaisance kemudian tak lagi sekadar menteorikan kosmosentrisme. Melainkan juga perlihal kekuasaan. Siapa yang berhak menjadi Raja? Benarkah Raja itu wakil Tuhan? Dari mana datangnya kekuasaan. Machiavelli memulai. "Il Principe", kitabnya beredar sembunyi-sembunyi. Tentang perlawanan atas dogma Vox Rei Vox Dei (suara Raja suara Tuhan). Karena dulu, kekuasaan, perihal siapa yang berhak menjadi Raja, mutlak tafsir tinggal dari agamawan. Maka kekuasaan pun harus dicerahkan.

Diteorikan, dengan rasionalitas. Plato dan Aristoleles pun mewarnai. Tentang idea dan konsepsi. Semuanya haruslah diteorikan, buah dari penyelidikan akal manusia. Itulah yang disebut "pencerahan". Kaum Yahudi mulai melirik rennaisance. Karena mereka merasakan ada peluang. Untuk sekaligus memukul dua entitas besar: Nasrani dan Muslim.

Dinamika di belantara Eropa menggeliat. Karena Eropa mengalami kisruh, bak dunia Islam kini. Perang antar kerajaan, antara Perancis dan Inggris, antara Jerman dan Perancis dan lainnya. Padahal mereka dalam satu area yang sama. Sementara Daulah Utsmaniyya makin perkasa. Makin menguatkan kekuasaan Islam, membentang dari Eropa timur hingga nusantara.

Pertanda kuatnya pengaruh Islam –yang bukan mu'tazilah apalagi salafisme, melainkan dengan tassawuf— atas kehidupan dunia. Pancaran dengan tajjaliyyat membahana. Ma'rifatullah menjadi bahasan hingga pelosok Eropa. Hingga John Wolfgang Goethe, pujangga Jerman, pun terkesima. Dan dia menghembuskan nafas akhir di dunia sebagai muslim.

Masa Goethe itu pula Islam menjadi mercusuar dunia. Sultan Sulaiman al Qanuni, begitu menjadi idola. Sekaligus dibenci kaum Eropa. Karena kedigdayaan Islam, dengan pengajaran tassawuf yang menembus batas-batas alam. Itulah buah pancaran bersifat Laduni. Bukan pancaran produksi akal manusia.

Tapi rennaisance memiliki banyak pengikut. Filsafat makin dikagumi. Soal kekuasaan pun diteorikan ulang. Karena filsafat –inilah rennsaince—meletakkan "qudrah dan iradah" berada pada manusia. Bukan pada Tuhan. Karena akal, dianggap sebagai jalan mengungkap Kebenaran. Maka, siapa yang berkuasa, juga harus dikonsepsi dan diteori-kan. Lahirlah filosof penteori seperti Jean Bodin, John Locke, Hobbes hingga Rosseau. Mereka menteorikan, bahwa kekuasaan bukanlah kehendak Tuhan. Melainkan kehendak manusia.

Ini dimulai dari teori cogito ergo sum-nya Descartes. Yang memulai era modernitas. Cartesius resmi mengeliminasi Kebenaran ala Wahyu. Filsafatnya berbeda dengan Aquinas, yang masih mengakui tweez warden theorie (kebenaran dua belah pedang). Aquinas mengutip Al-Farabi, tentang teori emanasi, kebenaran ganda. Kebenaran ala Wahyu dan Kebenaran ala akal. Descartes mengeliminasinya. Kebenaran, katanya, hanya bisa sahih jika merujuk pada rasionalitas semata. Tak lagi merujuk kitab suci.

Muncul lagi teori baru dari Immanuel Kant, Ration scripta tentang empirisme. Kebenaran, katanya, hanya sahih jika telah diuji dalam sebuah hasil pengalaman. Itulah yang melahirkan penelitian, yang kini menjadi pakem kaum rasionalitas dalam menentukan kebenaran.

Cartesius dan Kantian ini begitu mempengaruhi Eropa. Hingga Hobbes pun menteorikan tentang kekuasaan. Siapa yang berhak menjadi raja, adalah berdasarkan kehendak manusia. Karena Tuhan didudukkan sebagai pembuat jam. Kala jam selesai dibuat, maka jam berjalan dengan sendirinya. Dari Hobbes, muncul juga Jean Bodin, yang menteorikan ulang tentang republik, yang berbeda dengan apa yang diutarakan Cicero dan Plato.

Puncaknya berada pada Jean Jacques Rosseau. Dia berteori, kekuasaan itu murni kehendak rakyat. Karena manusia yang menentukan, siapa yang layak menjadi penguasa. Dari "le contract sociale", lahirlah konstitusi. Hukum ala manusia. Inilah eliminasi atas kitab suci.

Modernitas Melahirkan Dinamika Panjang di Eropa

Gejolak modernitas, melahirkan dinamika panjang di Eropa. Yahudi mulai melirik. Karena di tengah gempuran pertarungan antara dogma dan filsafat, kaum Yahudi ternyata setia sebagai pebisnis. Mereka menguasai lini penggandaan uang. Dari sudut pelabuhan Venezia, Italia, mereka memulai dengan bisnis Banco, cikal bakal bank. Banco inilah pebisnis penitipan uang Dinarius (emas) dan Dracham (perak). Lalu memberikan pinjaman.

Mereka tak sibuk berfilsafat atau mematuhi dogma. Karena cita-cita tentang "tanah yang dijanjikan" tadi. Banco pun menggeliat. Dari nasabah hanya orang per orang, kemudian mereka memiliki nasabah seorang Raja.

Dan itu dimulai kala Revolusi Inggris meledak, 1668. Kerajaan Inggris berhasil lepas dari kekuasaan imperium Gereja Roma. Karena buah perang aqidah antara pengikut Gereja Roma, yang disebut Katolik, melawan pengikut Marthin Luthern dan John Calvin, yang sempat divonis sebagai bid'ah. Karena kedua tokoh Nasrani itu memulai tentang pembaharuan dalam tubuh Nasrani. Dan "pembaharuan" itu bergandengan dengan pencerahan ala rennaisance.

Maka mereka pun bertemu. Revolusi Inggris berhasil menyingkirkan pengikut Gereja Roma. Maka Inggris pun dikuasai kaum Protestan. Puncaknya, Raja William of Orange, Raja Inggris, didapuk menjadi Raja. Tapi kemudian diberi pinjaman modal oleh kaum bankir, para penguasa Yahudi yang bersatu dalam banco tadi. Mereka memberikan pinjaman pada sang Raja sebesar 25 juta Poundsterling, kala itu masih dalam emas. Tapi dengan utang berbunga. Itulah "utang nasional" pertama di dunia. Itulah catatan pertama, kaum Yahudi berhasil mengkooptasi sebuah kerajaan.

Karena utang itu melahirkan kesepakatan, "Kalian boleh jadi raja, tapi kami yang mengatur keuangannya," kata sang banco. Inggris pun beralih kendali. Dulu di bawah kekuasaan Gereja Roma. Tapi pasca Revolusi, beralih di bawah kekuasaan Banco.

Kekuasaan Yahudi Makin Menguat

Satu abad kemudian, kekuasaan Yahudi makin menguat. Selepas mengendalikan Inggris dan Belanda, mereka mulai merebut kerajaan terkuat di Eropa: Perancis. Maka meluncurlah Revolusi Perancis. Polanya serupa. Kaum modernitas –buah dari rennaisance—menyatu dengan ordo banco. Inilah ordo Bankir, yang dikomandani kaum Yahudi tadi. Atas nama pembaharuan, mereka melancarkan revolusi di Paris. Robbispierre, memimpin revolusi menggunakan teori Rosseau.

Bahwa kekuasaan haruslah ditangan manusia, bukan Tuhan. Maka liberte, fraternite, egalite pun menjadi semboyan. Liberte (merdeka) dari apa? Dari kekuasaan Tuhan. Fraternite (persaudaraan) ialah sesama kaum modernitas. Musuhnya adalah pengikut Gereja Roma. Egalite (keadilan), tentang kesetaraan antar sesama manusia, tak ada lagi diskriminasi antara agamawan dan bangsawan yang kebal hukum. Ini menjadi bahasan utama.

Paris pun menggelora. Kaum agamawan dan bangsawan di kudeta. Disitulah menggema modern state kali pertama. Setelah dikudeta, maka lahirkan constutitio sebagai buah dari manusia yang berhak membuat hukum. Hukum rasio. Hukum ala manusia. Kitab suci di eliminasi.

Robbispierre kemudian dikudeta. Setelah berhasil memenangkan revolusi. Diangkatlah Napoleon Bonaperte. Siapa yang mengangkatnya? Ternyata 25 kaum bankir dari Nantes. Mereka telah berkumpul, untuk mendapuk Napoleon sebagai Kaisar Republik Perancis. Napoleon dijadikan pemimpin, dengan modal utang dari bankir senilai 75 juta Franc (emas). Yang dibayar dengan bunga saban tahun. Itulah utang nasional, turun temurun. Perancis merdeka, sejak itu pula mereka dibawah kendali kaum Banco. Di situlah Yahudi mulai berkuasa, memegang kendali atas Eropa. Merambah hingga seantero Eropa.

Seabad kemudian, revolusi serupa dilancarkan. Kali ini sasarannya adalah Daulah Utsmaniyyah. "Pembaharuan Islam" diluncurkan. Atas nama modernitas tadi. Atas nama rennaisance tadi. Islam pun seolah perlu diperbarui. Lahirlah fiqih kontemporer. GH Jansen dalam Islam Militant menyebut, eksponen gerakan ini muncul dari Jamaluddin al Afghani, Rasyid Rida, Abduh. Mereka meluncurkan pembaharuan yang melahirkan, seolah Islam harus disesuaikan jaman. Intinya, disesuaikan dengan kehendak kaum Eropa baru tadi. Gerakan ini menyatu dengan salafisme yang berasal dari Arabia, dengan tokohnya Abdul Wahab. Apa yang diungkapkan Jansen, memang sepenuhnya benar.

Tanzimat pun meluncur di Utsmaniyyah. Reformasi. Utsmani mengganti hukum. Tak lagi merujuk syariat, melainkan merujuk pada konstitusionalisme ala Perancis. Bank-bank pun berdiri di Istanbul. Sultan mengeliminasi Syaikhul Islam, sang Mursyid, yang selama ini mendampingi. Tapi kemudian mendengarkan nasehat dari bankir.

Dari sinilah Zionisme mulai membahana. Hingga kemudian Theodore Hezrl berani menawarkan harga tanah Yerusalem pada Sultan Abdul Hamid II. Tapi Sang Sultan masih perkasa. Tanah Yerusalem bukan diperjual belikan. Melainkan itu tanah milik kaum muslimin.

Gagal pada Sultan Abdul Hamid II, Zionisme tak menyerah. Mereka mendidik modernis Turki menjadi pemimpin. Bak Napoleon dalam Perancis. Muncullah Attaturk, yang jenazahnya konon tak diterima bumi. Attaturk bertindak mengikuti kemauan tuannya. Tassawuf dilarang. Syaikhul Islam dibubarkan. Dan Utsmaniyyah pun dibubarkan. Turki berubah menjadi republik. Berubah menjadi nation state. Maka, Yerusalem pun dengan mudah diambil alih Yahudi. Karena Attaturk telah diberikan utang berbunga, dalam memimpin Turki. Sejak itulah, Turki melemah, dan Yerusalem lepas dari pangkuan kaum muslimin. Karena “pembaruan Islam” telah merubah fiqih, telah mengubah tradisi tentang ke-Islam-an.

"Islam tak perlu diperbarui, tapi kita-lah yang harus menyesuaikan diri kembali dengan Islam," kata Syaikh Abdalqadir as sufi, ulama besar dari Eropa.

Zionisme Menemukan Bentuknya

Zionisme menemukan bentuknya. Yahudi seolah menemukan "tanah yang diperjanjikan". Tapi pola mereka merebut Yerusalem, bukan dengan pedang. Melainkan dengan membangkitkan nafsu syahwati manusia. Mulanya rasionalitas disodori. Tapi kemudian rasio mudah bergeser. Seperti pesan Imam Ghazali, "Akal tak sepenuhnya benar, jangan sekali-kali mengambil hakekat ajaran agama darinya," katanya dalam Tahafut al Falasifah.

Dan modernitas telah membuktikan bagaimana rennaisance tak lagi melahirkan Kebenaran. Melainkan pembenaran. Ini yang disebut Martin Heidegger bahwa filsafat tak lagi melahirkan kebenaran eksistensialisme. Melainkan kebenaran essensialisme. "Dan itu bukan Kebenaran," katanya dalam Being and Time.

Zionisme tentu mereguk untung dengan pertemuan antara modernitas dan syahwati manusia. Karena modernitas telah berganti menjadi gerakan hawa nafsyu. Hubbud-dunya membahana. Inilah buah dari filsafat. Karena saintifistik, tak membuat Andalusia perkasa. Melainkan mudah dikalahkan musuh, yang bahkan belum mengenal kopi.

Dari sini, kita mahfum bagaimana membebaskan Yerusalem. Seperti kala Sultan Salahuddin al Ayyubi hadir dengan ribuan muslimin, yang bukan produk mu'tazilah. Mereka merupakan produk pengajaran tassawuf, yang kembali mengajarkan pencerahan yang berujung pada Ma'rifatullah. Model insan kamil inilah yang bisa mengelak dari sihir Banco tentang pemberian uang bak kepada Napoleon maupun Attaturk tadi.

Kaum yang mampu mengalahkan syahwati dan akal, di bawah kendali Qalbu. Inilah para sufi. Sebagaimana muslimin awalun dalam Perang Badar. Yang telah tercerahkan dalam pemahaman utuh atas pancaran (tajjaliyat).

Yerusalem tak akan bebas hanya dengan mengirimkan Dinar emas dan Dirham perak. Karena yang diperlukan Yerusalem bukanlah benda. Melainkan manusia insan kamil, yang utuh dalam barisan berjamaah, yang berdzikir pada Allah Subhanahu wa ta'ala. Inilah pembebas yang sesungguhnya. Dan itulah perlunya pengajaran tassawuf yang sahihan. Insya Allah.

Karena Zionisme lahir dari modernitas yang berakar pada nafsyu syahwati, dan memancarkan pengaruhnya kemana-mana.



Irawan Santoso Shiddiq (kiri) bersama Syaikh Abdalqadir as sufi, ulama besar dari Eropa.
(rhs)
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
cover top ayah
وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

(QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More