Keadaan Bumi Ketika Terjadi Hari Kiamat, Ini Sekilas Gambarannya

Senin, 30 Oktober 2023 - 20:52 WIB
Dalam Surat Al-Kahfi Ayat 47 dijelaskan:

وَيَوۡمَ نُسَيِّرُ الۡجِبَالَ و تَرَى الۡاَرۡضَ بَارِزَةً  ۙ وَّحَشَرۡنٰهُمۡ فَلَمۡ نُغَادِرۡ مِنۡهُمۡ اَحَدًا‌

Artinya: "Dan (ingatlah) pada hari (ketika) Kami perjalankan gunung-gunung dan engkau akan melihat bumi itu rata dan Kami kumpulkan mereka (seluruh manusia), dan tidak Kami tinggalkan seorang pun dari mereka." (QS Al-Kahfi Ayat 47)

Ketika menafsirkan ayat ini, Umar Sulaiman menyatakan bahwa Allah menerbangkan gunung-gunung. Bumi menjadi sama rata (مستوية) yaitu menjadi seperti padang yang terbentang luas (بادية) pada pandangan zahir. Pada permukaan bumi tidak ada suatu yang terpacak tegak (مَعلم) dan tidak pula ada tempat sembunyi (يواري). Hal ini didukung oleh penafsiran lain yaitu, pada saat itu bumi akan menampakkan sisi luarannya, dan menghapus segala sesuatu yang menutupinya dari sekalian gunung-gunung, pohon-pohon dan binaan-binaan.

Demikian sekilas gambaran keadaan bumi ketika terjadi Hari Kiamat. Ini baru keadaan bumi yang diguncang hingga rata. Belum lagi keadaan langit yang kelak digulung Allah seperti menggulung lembaran-lembaran kertas. Kemudian gunung-gunung salaing dibenturkan hingga hancur. Lebih dahsyatnya lagi, keadaan lautan akan meluap-luap hingga menjadi api yang menyala naik ke udara.

Hanya kepada Allah-lah kita semua kembali. Dialah pemilik kekuasaan pada Hari Kiamat dan hari pembalasan. Semoga Allah berkenan menyelamatkan kita pada hari yang sangat dahsyat itu.

Wallahu A'lam

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Abdullah bin Buraidah dari ayahnya dia berkata, Nabi shallallahu 'alaihi wasallam pernah mendengar seseorang mengucapkan: Ya Allah, sesungguhnya aku meminta kepada-Mu, bahwasanya Engkau adalah Allah Yang Maha Esa, yang bergantung pada-Nya segala sesuatu, yang tidak beranak dan tidak diperanakkan, dan tidak ada seorang pun yang setara dengan-Nya. Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Sungguh dia telah meminta kepada Allah dengan nama-Nya yang Agung, yang apabila diminta dengan menyebut-Nya, pasti akan diberi dan apabila berdoa dengan menyebut-Nya pasti akan dikabulkan.

(HR. Sunan Ibnu Majah No. 3847)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More