Mengenal Ummu Sinan : Mujahidah Tangguh, Ahli Perang dari Kabilah Aslam

Kamis, 02 November 2023 - 11:09 WIB
“Aku menyaksikan kain terbentang di hadapan Rasulullah SAW di rumah Aisyah ra., sang Ummul Mukminin. Di atas kain tersebut terdapat gelang, kalung, dan cincin. Para wanita pembantu dikirimkan untuk membantu para tentara mempersiapkan segala perlengkapannya,” kata Ummu Sinan mengenang persiapan Perang Tabuk.

Selain itu, Ummu Sinan juga memiliki keutamaan dalam meriwayatkan dan menghafalkan hadis dari Rasulullah. Beberapa orang dan anak perempuannya, Tsabitah binti Hantalah al-Aslamiyah juga meriwayatkan hadis dari Ummu Sinan.

Ummu Sinan adalah mujahidah pencinta akhirat. Ia tidak pernah ragu menanggalkan urusan duniawi demi mencapai kemuliaan di akhirat. Kehidupannya dipenuhi visi akhirat. Inilah mengapa namanya abadi dan tercatat dalam sejarah Islam sebagai salah satu shahabiyah yang layak menjadi teladan muslimah akhir zaman.



Wallahu A'lam
(wid)
Halaman :
Follow
Hadits of The Day
Dari Jabir bin Abdillah dia berkata, saya mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Dzikir yang paling utama adalah Laa ilaaha illallah (tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah). Dan doa yang paling utama adalah Alhamdulillah (segala puji bagi Allah).

(HR. Sunan Ibnu Majah No. 3790)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More