Hukum Tajwid Surat Al Ahqaf Ayat 1-5 Beserta Penjelasannya

Jum'at, 11 Oktober 2024 - 18:12 WIB
Kemudian, terdapat Ikhfa haqiqi karena ada nun mati bertemu huruf Dza. Di akhir kalimat, ada mad ‘aridl lissukun karena terdapat mad thabi’i menghadapi huruf hidup lalu dibaca waqaf.

Hukum Tajwid Surat Al Ahqaf Ayat 4

قُلۡ اَرَءَيۡتُمۡ مَّا
(Qul ara'aytum maa)

Huruf ra dibaca tafkhim (tebal) karena berharakat fathah. Lalu, ada hukum tajwid idgham mimi karena mim sukun bertemu huruf mim.

Selain itu, ada juga mad thobi’i. Alasannya ada huruf alif mati setelah fathah. Dibaca panjang 2 harakat.

تَدۡعُوۡنَ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ
(tad'uuna min duunil laahi)

Hukum tajwid pertama qolqolah sughra, sebab ada huruf qolqolah yaitu Dal dengan sukun asli. Kemudian, ada mad thobi’i karena terdapat huruf wawu sukun setelah dhommah.

Lanjut, ada Ikhfa haqiqi, sebab terdapat nun mati bertemu huruf dal. Lalu, ada lagi mad thobi’i, sebab huruf wawu sukun setelah dhommah.

اَرُوۡنِىۡ مَاذَا خَلَقُوۡا
(aruunii maazaa khalaquu)

Ada tiga mad thobi'i. Pertama karena wawu sukun didahului dhommah, sementara yang kedua ada ya sukun setelah kasrah, dan alif mati setelah fathah. Masing-masing dibaca panjang 2 harakat.

اَمۡ لَهُمۡ شِرۡكٌ فِى السَّمٰوٰتِ‌ؕ
(am lahum shirkun fis samaawaati)

Pertama, izhar syafawi karena mim sukun bertemu huruf Lam dan Syin. Cara membacanya huruf mim dibaca dengan jelas (tidak dengung).

Kemudian, ada ikhfa haqiqi karena tanwin dhommah bertemu huruf fa. Lalu, terdapat juga mad thobi'i karena ada fathah berdiri di atas huruf mim dan wawu. Dibaca panjang 2 harakat.

بِكِتٰبٍ مِّنۡ قَبۡلِ
(bi kitaabim min qabli)

Pertama, mad thobi'i karena ada fathah berdiri di atas huruf ta. Lalu, idgham bighunnah, sebab tanwin kasrah bertemu huruf mim.

Lanjut, ada ikhfa haqiqi karena nun mati bertemu huruf qaf. Di akhir kalimat, terdapat qolqolah sughra, sebab ada huruf qolqolah yaitu ba dengan sukun asli.

اِنۡ كُنۡتُمۡ صٰدِقِيۡنَ
(in kuntum saadiqiin)

Hukum tajwid pertama ikhfa haqiqi karena ada nun sukun menghadapi huruf Kaf dan Ta. Kemudian, izhar syafawi, sebab mim mati menghadapi huruf shad.

Lanjut, ada mad thobi'i karena terdapat fathah berdiri di atas huruf shad. Terakhir, ada mad ‘aridl lissukun karena mad thobi’i menghadapi huruf hidup lalu dibaca waqaf.

Hukum Tajwid Surat Al Ahqaf Ayat 5

وَمَنۡ اَضَلُّ مِمَّنۡ يَّدۡعُوۡا
(Wa man adallu mimmany yad'uu)

Hukum tajwid pertama Izhar halqi. Alasannya ada nun mati bertemu huruf hamzah. Nun sukun dibaca jelas dan tidak dengung.
Halaman :
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Hadits of The Day
Dari Abu Bakar Ash Shiddiq radhiyallahu 'anhu, ia berkata kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam: Ajarkanlah aku suatu do'a yang bisa aku panjatkan saat shalat!. Maka Beliau pun berkata: Bacalah! ALLAHUMMA INNII ZHALAMTU NAFSII ZHULMAN KATSIIRAN WA LAA YAGHFIRUDZ DZUNUUBA ILLAA ANTA FAGHFIRLII MAGHFIRATAN MIN 'INDIKA WARHAMNII INNAKA ANTAL GHAFUURUR RAHIIM (Ya Allah, sungguh aku telah menzhalimi diriku sendiri dengan kezhaliman yang banyak, sedangkan tidak ada yang dapat mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau. Maka itu ampunilah aku dengan suatu pengampunan dari sisi-Mu, dan rahmatilah aku. Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang)

(HR. Bukhari No. 790)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More