Parameter Berhias Kaum Suami

Senin, 19 Oktober 2020 - 17:27 WIB
Sesuatu yang terlihat sepele, namun jika dilakukan dengan ilmu dan diamalkan dengan sepenuh hati akan membawa dampak yang signifikan. Hal tersebut setali tiga uang jika seorang suami melaksakan sunnah bersolek ini karena lillah ta’ala secara konsisten niscaya akan membuat rumah tangganya semakin berkah dan bahagia. Di sisi lain, istrinya akan bertambah cinta dan kasihnya terhadap suaminya. Sebab perempuan memiliki naluriah suka memerhatikan sesuatu secara detail dan menuntut kesempurnaan.

Namun selain dituntut untuk menyesuaikan kondisi dan waktu, para suami juga diperintahkan untuk tidak berlebih-lebihan dalam menghias diri. Allah 'Azza wa Jalla berfirman :

يا بني آدم خذوا زينتكم عند كل مسجد وكلوا واشربوا ولا تسرفوا إنه لا يحب المسرفين

"Wahai anak keturunan Adam, gunakanlah pakaian yang bagus pada setiap (memasuki) mesjid, makan dan minumlah tetapi jangan berlebihan, sesungguhnya Dia (Allah) tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan." (QS.Al-A'raf : 31)

(Baca juga : BPBD Imbau Warga Bekasi Waspadai Dampak Fenomena La Nina )

Maka, tidak ada salahnya jika kaum suami memperbaiki atau meningkatkan aspek berhias untuk istrinya demi rumah tangganya. Tentunya, hal itu membutuhkan perjuangan yang terus-menerus dengan mengamal sunnah yang telah dicontohkan secara sempurna oleh Sang Baginda.

Wallahu A'lam
(wid)
Halaman :
Follow
Hadits of The Day
Dari Al Aghar Al Muzanni, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Sesungguhnya hatiku tidak pernah lalai dari dzikir kepada Allah subhanahu wa ta'ala, sesungguhnya aku beristighfar sebanyak seratus kali dalam sehari.

(HR. Muslim No. 4870)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More