Canda Ala Sufi: Sapi yang Mengetahui Kesalahannya

Rabu, 25 November 2020 - 12:44 WIB
Nashruddin Hoja. Foto/Ilustrasi/Ist
TATKALA Nashruddin sedang duduk santai di kebunnya, tiba-tiba dia dikejutkan oleh seekor sapi yang masuk ke tempat itu, sehingga merusak segala tanaman yang ada di sana. Lantaran marah, dia mengambil tongkat dan kemudian mengejarnya. Namun, sapi itu lari dari hadapannya. ( )

Seminggu kemudian, Nashruddin melihat sapi itu sedang menarik gerobak salah seorang petani. Tanpa pikir panjang, Nashruddin menghampiri sapi itu dan memukulinya dengan sebatang tongkat yang dibawanya. Tentu saja, sang petani terheran-heran melihat tindakan Nashruddin terhadap sapi itu. Dia tidak habis pikir.

Karena itu, dia bertanya kepada Nashruddin, "Hai, mengapa engkau memukuli sapiku? Apa kesalahannya?"

Nashruddin pun menjawab, "Hai bodoh, jangan turut campur urusan yang tak kau ketahui! Sapi ini tahu apa kesalahannya..." ( )

Dinukil dari karya Nashruddin dengan judul asli Nawadhir Juha al-Kubra dan diterjemahkan oleh Muhdor Assegaf dengan judul " Canda Ala Sufi Nashruddin "
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(mhy)
Hadits of The Day
Dari Abdurrahman bin 'Auf radhiyallahu 'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:  Jika seorang wanita selalu menjaga shalat lima waktu, juga berpuasa sebulan (di bulan Ramadhan), serta bersungguh-sungguh menjaga kemaluannya (dari perbuatan zina), dan benar-benar taat pada suaminya.  Maka dikatakan pada wanita yang memiliki sifat mulia ini, Masuklah dalam surga melalui pintu mana saja yang engkau suka.

(HR. Ahmad 1:191)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More