Kapan Waktu yang Tepat Melaksanakan Zikir Pagi dan Sore?

Sabtu, 30 Januari 2021 - 13:49 WIB
Syaikh Muhammad Shalih al-Munajji menyatakan, barangkali pendapat yang paling mendekati kebenaran adalah hendaknya seorang muslim membaca zikir pagi dimulai sejak terbit fajar hingga terbit matahari. Jika seandainya kehilangan waktu tersebut, tak mengapa bila ia baca zikir pagi hingga tiba akhir waktu Dhuha; beberapa menit sebelum masuk waktu Zhuhur.



Sementara untuk dzikir petang atau sore bisa dibaca mulai waktu Ashar dan berakhir saat Maghrib tiba. Jika seandainya kehilangan waktu tersebut, tak masalah jika dibaca hingga sebelum tiba sepertiga malam.

Dalilnya adalah firman Allah ‘azza wa jalla,

فَاصْبِرْ إِنَّ وَعْدَ اللَّهِ حَقٌّ وَاسْتَغْفِرْ لِذَنْبِكَ وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ بِالْعَشِيِّ وَالْإِبْكَارِ

“Maka bersabarlah kamu, karena sesungguhnya janji Allah itu benar, dan mohonlah ampunan untuk dosamu dan bertasbihlah seraya memuji Rabbmu pada waktu petang dan pagi.” (QS. Al-Mukmin: 55)



Maksud dari waktu Al-‘Asyiyyi adalah waktu Ashar hingga Maghrib.

Allah Ta'ala berfirman,

فَاصْبِرْ عَلَىٰ مَا يَقُولُونَ وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ قَبْلَ طُلُوعِ الشَّمْسِ وَقَبْلَ الْغُرُوبِ

“Maka bersabarlah kamu terhadap apa yang mereka katakan dan bertasbihlah sambil memuji Tuhanmu sebelum terbit matahari dan sebelum terbenam(nya).” (QS. Qaf: 39)

Ibnu Qayyim rahimahullah menjelaskan maksud ayat di atas, bahwa makna dari kalimat dalam hadits-hadits Nabi, “Barang siapa yang membaca begini dan begini ketika datang pagi hari atau sore hari…” maksudnya adalah membacanya di waktu sebelum matahari terbit (setelah Subuh), dan sebelum matahari tenggelam (setelah Ashar). Tepatnya antara Subuh dan terbit matahari, dan antara Ashar dan Maghrib.



Wallahu A'lam
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(wid)
Halaman :
cover top ayah
اِنَّمَا الۡمُؤۡمِنُوۡنَ اِخۡوَةٌ فَاَصۡلِحُوۡا بَيۡنَ اَخَوَيۡكُمۡ ‌ۚ‌وَاتَّقُوا اللّٰهَ لَعَلَّكُمۡ تُرۡحَمُوۡنَ
Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara, karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu (yang berselisih) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu mendapat rahmat.

(QS. Al-Hujurat Ayat 10)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More