Bolehkah Berdebat dalam Perspektif Islam?

Jum'at, 02 Juli 2021 - 17:40 WIB
Menghindari Debat

Dalam satu nasihatnya, Ulama Hadhramaut Yaman Habib Umar Bin Hafizh menyampaikan salah satu Hadis Rasulullah tentang anjuran untuk menghindari debat. "Tidaklah suatu kaum itu tersesat setelah mereka mendapatkan hidayah, kecuali mereka mendatangkan (melakukan) perdebatan." (HR Ahmad dan Tirmidzi)

Yang menginginkan kebenaran dan petunjuk, maka cukup baginya sedikit argumentasi. Akan tetapi orang yang mengikuti hawa nafsunya dan yang keras kepala tidak cukup sebanyak apapun hujjahnya.

Karena itu, kita diperintah untuk menutup pintu perdebatan, dan sebaliknya kita dianjurkan untuk membuka dan memperbanyak amal perbuatan, dan penjelasan yang baik. Kemudian tidak melewati batas-batas di dalam beradab sehingga membawa kita pada prilaku mencaci dan mencela, atau membuat waktu, pikiran serta potensi manusia menjadi terbuang sia-sia.



Wallahu A'lam
(rhs)
Halaman :
Follow
Hadits of The Day
Dari Qais bin Sa'ad bin 'Ubadah, Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:  Maukah aku tunjukkan kepadamu sesuatu yang dapat mengantarkanmu menuju pintu-pintu surga?  Jawabku; Tentu.  Beliau bersabda: LAA HAULA WALAA QUWWATA ILLA BILLAH (Tidak ada daya dan upaya kecuali milik Allah).

(HR. Tirmidzi No. 3505)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More