Tadabur Ar-Rahman Ayat 20-23: Mutiara dan Marjan yang Menakjubkan

Senin, 02 Agustus 2021 - 22:06 WIB
1. Kembali Allah memaparkan nikmat dari lautan itu yang dekat dengan kehidupan kita, yaitu mutiara dan marjan. Semula mutiara adalah binatang laut yang menakjubkan, binatang ini memiliki anatomi, cara hidup dan karakter yang unik hingga akhirnya membeku dan membentuk mutiara dalam cangkangnya. Iapun menjadi perhiasan yang indah dan berharga.

2. Marjan adalah makhluk Allah yang menakjubkan ia hidup di lautan yang dalam, menempel di batu besar atau rumput laut. Keunikan binatang ini melahirkan janin berbetuk kancing hingga menyatu dengan janin dari marjan lainnya lalu berbentuklah seakan pohon marjan atau batuan marjan. Di samudra kita bisa melihatnya berwarna kuning jeruk, merah bunga sepatu, abu-abu zamrud atau seperti tanah. Ia pun menjadi perhiasan yang indah dan berharga.

Ayat 23:

فَبِاَيِّ اٰلَاۤءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبٰنِ


"Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?" (QS Ar-Rahman: 23)

Pesan dan Hikmah

1. Allah pun mengigatkan kembali terhadap manusia dan jin tentang nikmat tersebut. (Tidak ada satu nikmatpun yang kami dustakan dari-Mu ya Allah, segala puji bagi-Mu).

Wallahu A'lam

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Halaman :
cover top ayah
يَعۡمَلُوۡنَ لَهٗ مَا يَشَآءُ مِنۡ مَّحَارِيۡبَ وَتَمَاثِيۡلَ وَجِفَانٍ كَالۡجَـوَابِ وَقُدُوۡرٍ رّٰسِيٰتٍ ؕ اِعۡمَلُوۡۤا اٰلَ دَاوٗدَ شُكۡرًا ؕ وَقَلِيۡلٌ مِّنۡ عِبَادِىَ الشَّكُوۡرُ‏
Mereka (para jin itu) bekerja untuk Sulaiman sesuai dengan apa yang dikehendakinya di antaranya (membuat) gedung-gedung yang tinggi, patung-patung, piring-piring yang (besarnya) seperti kolam dan periuk-periuk yang tetap (berada di atas tungku). Bekerjalah wahai keluarga Dawud untuk bersyukur (kepada Allah). Dan sedikit sekali dari hamba-hamba-Ku yang bersyukur.

(QS. Saba Ayat 13)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More