Tafsir Surat Yasin Ayat 20-21 Tentang Kisah Habib An-Najjar

Senin, 13 September 2021 - 17:47 WIB
Bagi Ibnu ‘Asyur didahulukannya kata aqsha al-madinah memiliki kesan bahwa orang-orang yang bermukim di pinggiran kota mendapatkan perhatian dan pujian yang lebih, bisa saja mereka menemukan aneka kebajikan di pinggiran kota yang tidak ditemukan di tengah kota. Ini juga menunjukkan bahwa orang-orang lemah seringkali lebih dahulu beriman karena mereka tidak dibendung kesenangan hidup dan kekuasaan, seperti terjadi pada para penguasa yang biasanya hidup di tengah kota.

Quraish Shihab menilai bahwa ucapan lelaki yang bergegas pada ayat ini dengan mendahulukan kalimat siapa yang tidak meminta imbalan dari kamu sejalan dengan pandangan penduduk ketika itu. Mereka mengukur semua orang sama dengan diri mereka. Penduduk ini selalu menduga adanya keuntungan material dibalik aktivitas setiap orang.

Mereka hampir tidak mengenal ketulusan dalam satu aktivitasnya. Karena inilah mereka tidak percaya kalau para Rasul itu tulus dan tidak mengharap imbalan atas tuntunannya.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Jabir bin Abdillah dia berkata, saya mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Dzikir yang paling utama adalah Laa ilaaha illallah (tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah). Dan doa yang paling utama adalah Alhamdulillah (segala puji bagi Allah).

(HR. Sunan Ibnu Majah No. 3790)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More