Habib Baca Ayat Kursi, Hasan al-Basri Lolos dari Tentara yang Memburunya

Minggu, 03 Oktober 2021 - 16:15 WIB
Selang beberapa waktu, para tentara itu tiba di mulut gua. Mereka bertanya kepada Habib al-Ajami, “Apakah kau melihat Hasan al-Basri hari ini?”

Habib menjawab, “Iya. Dia ada di dalam gua.”

Mendengar jawaban tersebut, segera para tentara memasuki gua untuk menyusuri gua guna menemukan Hasan al-Basri. Setelah sekian lama, mereka tidak menemukan Hasan al-Basri, para tentara itu pun bergegas pergi.

Imam Hasan al-Basri keluar dari persembunyiannya, seraya berkata, “Habib, engkau adalah murid yang berbakti kepada guru. Mengapa engkau memberitahu persembunyianku?”

Habib al-Ajami menjawab, “Duhai Imam, andai kata tadi aku berdusta niscaya kita berdua akan ditangkapnya dan tak ada yang selamat di antara kita.”

Mendengar jawaban sang murid, Hasan al-Basri berkata, “Lantas, ayat-ayat apa yang engkau baca sehingga aku terlindungi dari kejaran dan penglihatan mereka.”

Habib pun menjawab, “Tadi aku membaca Ayat Kursi sepuluh kali, dua ayat terakhir al-Baqarah sepuluh kali, dan surat al-Ikhlas sepuluh kali. Lalu aku berdoa kepada Allah SWT, ‘Ya Allah, telah kutitipan guruku Hasan al-Basri kepada-Mu, maka lindungilah dia.’.” Mendengar hal itu, Hasan al-Basri merasa takjub dengan keluasan ilmu sang murid.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(mhy)
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Umar bin Al Khaththab, Nabi shallallahu 'alaihi wa salam bersabda:  Maukah kalian aku beritahu pemimpin kalian yang terbaik dan pemimpin kalian yang terburuk?  Pemimpin yang terbaik adalah mereka yang kalian cintai, dan mereka mencintai kalian, kalian mendoakan kebaikan kepada mereka, dan mereka pun mendoakan kebaikan kepada kalian,  Sedangkan pemimpin kalian yang terburuk adalah mereka yang kalian benci, dan merekapun membenci kalian, kalian melaknat mereka, dan mereka pun melaknat kalian.

(HR. Tirmidzi No. 2190)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More