Pengertian Tasawuf dan Manfaat Mempelajarinya

Kamis, 25 November 2021 - 18:04 WIB
4. Rela (ridha) menurut hukum (takdir) Allah, baik yang ringan maupun yang berat.

5. Kembali kepada Allah dalam suka dan duka.

Penjelasan:

Untuk melaksanakan taqwa harus berlaku wara' (menjauh dari makruh, subhat dan haram) dan tetap istiqamah dalam mentaati semua perintah dan tetap tabah tidak berubah. Untuk melaksanakan Sunnah Rasulullah harus berhati-hati dan menerapkan budi pekerti yang baik. Mengabaikan makhluk harus dengan sabar dan tawakkal (berserah diri kepada Allah). Rela (ridha) pada Allah atas segala takdir-Nya dan merasa cukup dan tidak tamak terhadap sesuatu. Mengembalikan segala-galanya hanya kepada Allah dalam suka dan duka dengan bersyukur dalam suka dan berlindung kepada-Nya dalam duka.

Semua ini pada intinya ada 5 hal, yaitu:

- Semangat yang tinggi.

- Berhati-hati pada yang haram dan menjaga kehormatan.

- Taat dan memahami diri sebagai seorang hamba.

- Melaksanakan kewajiban.

- Menghargai nikmat.

Demikian pengertian singkat ilmu tasawuf dan cara mempelajarinya. Mudah-mudahan Allah membimbing hati kita agar dapat mengenal-Nya dan menadapatkan ridha-Nya.



Wallahu A'lam
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Halaman :
cover top ayah
وَالَّذِيۡنَ اتَّخَذُوۡا مَسۡجِدًا ضِرَارًا وَّكُفۡرًا وَّتَفۡرِيۡقًۢا بَيۡنَ الۡمُؤۡمِنِيۡنَ وَاِرۡصَادًا لِّمَنۡ حَارَبَ اللّٰهَ وَرَسُوۡلَهٗ مِنۡ قَبۡلُ‌ؕ وَلَيَحۡلِفُنَّ اِنۡ اَرَدۡنَاۤ اِلَّا الۡحُسۡنٰى‌ؕ وَاللّٰهُ يَشۡهَدُ اِنَّهُمۡ لَـكٰذِبُوۡنَ
Dan (di antara orang-orang munafik itu) ada yang mendirikan masjid untuk menimbulkan bencana (pada orang-orang yang beriman), untuk kekafiran dan untuk memecah belah di antara orang-orang yang beriman serta menunggu kedatangan orang-orang yang telah memerangi Allah dan Rasul-Nya sejak dahulu. Mereka dengan pasti bersumpah, Kami hanya menghendaki kebaikan. Dan Allah menjadi saksi bahwa mereka itu pendusta (dalam sumpahnya).

(QS. At-Taubah Ayat 107)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More