Ini Orang yang Pertama Kali Mencetuskan Hari Jumat sebagai Hari Berkumpul

Jum'at, 24 Desember 2021 - 08:03 WIB
Meskipun Mushab bukan seorang pemimpin, ia mengajarkan penduduk Madinah... Lalu, ia memberikan nasihat kepada sahabat-sahabatnya pada hari Jumat dan sholat dua rakaat bersama mereka,” (HR Abdur Razzaq).

Jadi, orang yang pertama kali melaksanakan sholat Jumat adalah Mush'ab bin Umair atas perintah Rasulullah SAW sebelum beliau hijrah ke Madinah. Sholat Jumat itu dilaksanakan pada waktu Zuhur.

Sedangkan, Rasulullah SAW sendiri baru melaksanakan sholat Jumat untuk pertama kali ketika beliau tiba di Madinah setelah melaksanakan hijrah. Beliau tiba di daerah Quba' dan menemui Bani "Amr bin 'Auf pada hari Senin tanggal 12 Rabi'ul Awwal.

Rasulullah SAW tinggal di sana sampai hari Kamis, lalu membangun sebuah masjid. Pada hari Jumat, beliau keluar menuju Madinah. Lalu, ia mendapati Bani Salim bin Auf hendak melaksanakan sholat Jumat di perut lembah di dekat daerah mereka. Ketika itu, lembah tersebut telah mereka jadikan masjid. Maka, Rasulullah turut melaksanakan sholat Jumat dan berkhutbah di tempat itu. Khutbah tersebut sekaligus menjadi khutbah pertama Rasulullah SAW di Madinah.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(mhy)
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Anas radhiyallahu 'anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:  Makan sahurlah kalian, karena (makan) di waktu sahur itu mengandung barakah.

(HR. Muslim No. 1835)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More