15 Waktu Mustajab untuk Berdoa, Insya Allah Semua Hajat Dikabulkan

Rabu, 10 Agustus 2022 - 15:30 WIB
Dari Sayyidah 'Aisyah, beliau berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Di antara hari yang Allah banyak membebaskan seseorang dari neraka adalah hari Arafah. Dia akan mendekati mereka lalu akan menampakkan keutamaan mereka pada para Malaikat. Kemudian Allah berfirman: Apa yang diinginkan oleh mereka?" (HR. Muslim)

Riwayat lain: "Doa yang terbaik adalah doa ketika hari Arafah." (HR. At-Tirmidzi)

8. Saat Malam (Lailatul) Qadar

Malam (Lailatul) Qadar merupakan waktu mustajab berdoa. Sayyidah 'Aisyah pernah bertanya: "Ya Rasulullah jika aku mengetahui bahwa malam itu adalah Lailatul Qadar, apa yang harus aku ucapkan waktu itu?' Rasulullah bersabda: "Ucapkanlah: "Allaahumma innaka 'afuwwun kariim tuhibbul 'afwa fa'fu 'annii (Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf lagi Maha Mulia, Engkau Mencintai Pemaafan, maka maafkanlah aku)." (HR Tirmidzi)

9. Akhir Sholat Fardhu

Ada seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah SAW: "Doa apa yang paling didengar oleh Allah?" Maka Beliau menjawab: "Doa setengah malam terakhir dan doa akhir shalat fardhu." (HR. At-Tirmidzi). Para ulama menjelaskan makna "dubur ash-shalat" ada dua yaitu sebelum salam, dan setelah salam.

10. Ketika Berbuka Puasa

Rasulullah SAW menegaskan keutamaan berdoa saat berbuka puasa. "Ada tiga doa yang tidak tertolak. Doanya orang yang berpuasa ketika berbuka, doanya pemimpin yang adil dan doanya orang yang terzalimi." (HR Tirmidzi, Ibnu Majah, Ibnu Hibban)

11. Saat Minum Air Zamzam

Dalam satu riwayat, Rasulullah SAW bersabda: "Khasiat Air Zamzam itu sesuai niat peminumnya." (HR Ibnu Majah)

12. Ketika Melakukan Safar (Musafir)

Rasulullah SAW bersabda: "Tiga waktu diijabah (dikabulkan) doa yang tidak diragukan lagi yaitu: (1) doa orang yang terzalimi, (2) doa seorang musafir, (3) doa orang tua pada anaknya." (HR Ahmad, At Tirmidzi, Ibnu Majah)

13. Saat Mendoakan Saudara Tanpa Sepengetahuannya

Doa mustajab yang tidak akan ditolak juga dapat kita amalkan sebagaimana sabda Rasulullah SAW berikut:

"Tidaklah seorang muslim mendoakan saudaranya tanpa sepengetahuan dia, melainkan malaikat akan berkata, 'Dan untukmu juga'." (HR Muslim)

14. Berdoa di Multazam

Bagi yang pernah Haji atau Umrah, tempat ini pasti sudah tak asing karena diangap mustajab ketika berdoa. Dari Ibnu Abbas, Rasulullah SAW bersabda: ''Antara Rukun Aswad (sudut tempat terdapatnya Hajar Aswad) dan pintu Ka'bah disebut Multazam. Tidak ada orang yang minta sesuatu di Multazam melainkan Allah mengabulkan permintaan itu." (HR Al-Baihaqi )

15. Doa Orang Tua kepada Anaknya

Dalam beberapa riwayat, Rasulullah SAW bersabda: "Tiga doa yang mustajab yang tidak diragukan lagi yaitu doa orang yang dizalimi, doa orang yang bepergian (safar) dan doa baik orang tua pada anaknya." (HR Ibnu Majah)

Riwayat lain: "Tiga doa yang tidak tertolak yaitu doa orang tua, doa orang yang berpuasa dan doa seorang musafir." (HR. Al Baihaqi)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, ia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Seorang tidak disebut mukmin saat berzina, seorang tidak disebut mukmin saat mencuri, seorang tidak disebut mukmin saat minum khamer (mabuk), dan pintu taubat akan selalu dibuka setelahnya.

(HR. Sunan Abu Dawud No. 4069)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More