Sejarah Keturunan Nabi Muhammad di Indonesia Dipanggil Habib

Kamis, 25 Agustus 2022 - 05:10 WIB
Panggilan Habib

Mantan Ketua Umum Rabithah Alawiyah Habib Zein bin Umar mengatakan, tidak semua Sayyid bisa dipanggil Habib. Sebaliknya, setiap Sayyid sudah pasti segaris keturunan Nabi.

Kalau di kalangan keturunan Sayyidina Hasan, dikenal dengan sebutan Syarif. Tetapi di kalangan keturunan Sayyidina Husein disebut Sayyid, kalau jamaah namanya Sa'adah. Seiring berkembangnya waktu, Para Sayyid ini dicintai oleh lingkungannya, dicintai oleh murid-muridnya, kemudian dipanggilah dengan sebutan Al-Habib atau Habib.

Habib itu artinya yang dicintai. Akhirnya gelar Sayyid-nya mulai hilang dan berganti dengan julukan Habib. Sementara di beberapa tempat, misal di Aceh masih dipanggil Said. Di Malaysia dipanggil Said.

Sebetulnya, Habib ini punya kedudukan istimewa. Artinya, dipanggil Habib itu orang yang benar dan dicintai. Kemudian, dia juga seorang ahli ilmu dan memiliki akhlak mulia.

(rhs)
Halaman :
Follow
Hadits of The Day
Dari Umar bin Al Khaththab, Nabi shallallahu 'alaihi wa salam bersabda:  Maukah kalian aku beritahu pemimpin kalian yang terbaik dan pemimpin kalian yang terburuk?  Pemimpin yang terbaik adalah mereka yang kalian cintai, dan mereka mencintai kalian, kalian mendoakan kebaikan kepada mereka, dan mereka pun mendoakan kebaikan kepada kalian,  Sedangkan pemimpin kalian yang terburuk adalah mereka yang kalian benci, dan merekapun membenci kalian, kalian melaknat mereka, dan mereka pun melaknat kalian.

(HR. Tirmidzi No. 2190)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More