Biografi Nabi Muhammad SAW dari Lahir hingga Wafat Lengkap Silsilahnya

Sabtu, 08 Oktober 2022 - 08:05 WIB
Terlibat dalam peperangan fijar. Baginda Nabi Muhammad ﷺ telah menyertai peperangan itu dalam beberapa hari. beliau berperan mengumpulkan anak-anak panah dalam medan perang tersebut.

Usia 20 Tahun

Baginda menyaksikan perjanjian Al-Fudhul iaitu perjanjian damai untuk memberi pertolongan kepada orang yang dizalimi di kota Mekkah.

Usia 25 Tahun

Musafir kedua ke kota Syam untuk urusan perniagaan barang Khadijah binti khuwailid. Perjalanan Nabi ke Syam ditemani oleh seorang lelaki (orang suruhan Khadijah) yang dikenali sebagai Maisarah penunjuk jalan). Baginda ﷺ bersama pamannya Abu Thalib dan beberapa saudara Nabi bertemu Amru bin al-Asad (ayah saudara Khadijah) untuk meminang Khadijah yang berusia 40 tahun ketika itu. Mas kawin Nabi sebanyak 500 Dirham.

Usia 35 Tahun

Banjir besar melanda Kota Mekkah dan meruntuhkan dinding Ka'bah. Pembinaan semula Ka'bah dilakukan oleh pembesar-pembesar dan penduduk kota Mekah. Rasullullah ﷺ diberi kemulian meletakkan Hajarul aswad ke tempat asalnya sekaligus meredakan pertikaian kabilah suku di Mekkah.

Usia 40 Tahun

Menerima wahyu pertama di Gua Hira di puncak Jabal Nur sekaligus pengangkatan beliau sebagai Nabi dan Rasul akhir zaman.

Usia 53 Tahun

Berhijrah ke Madinah ditemani oleh Abu Bakar As-Siddiq. Rombongan Nabi tiba pada tanggal 12 Rabiul Awwal 1 Hijrah/24 September 622 Masihi.

Usia 63 Tahun

Kewafatan Rasullullah ﷺ Madinah Munawwarah pada hari Senin, 12 Rabiul Awal 11 Hijriyah (8 Juni 632 Masehi).

Nasab dan Silsilah Nabi Muhammad ﷺ



Ibnu Hisyam berkata, Nabi Muhammad adalah anak keturunan Adam yang paling mulia keturunannya dan nasabnya dari jalur ayah dan ibunya. Beliaulah satu-satunya manusia yang nasabnya tersambung jelas sampai ke manusia pertama Nabi Adam 'alaihissalam. Semoga Allah melimpahkan sholawat-Nya kepadanya, memuliakannya, dan mengagungkannya. Berikut Nasabnya:

1. Nabi Muhammad ﷺ

2. Abdullah

3. Abdul Muthallib

4. Hasyim
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:  Sesungguhnya shalat yang paling berat bagi orang munafik adalah shalat isya' dan shalat subuh.  Sekiranya mereka mengetahui pahala yang ada pada keduanya, pasti mereka akan mendatanginya meskipun dengan merangkak.

(HR. Sunan Ibnu Majah No. 789)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More