Bacaan dan Arti dalam Rangkaian Gerakan Sholat

Senin, 17 Oktober 2022 - 12:21 WIB
Disunnahkan setelah itu membaca surat dalam Al Qur'an sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Bukhari dari Abu Hurairah dari Rasululah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,” Jika kalian tidak tambah selain Al Fatihah, maka itu sudah cukup. Namun bila kalian tambah setelahnya itu lebih baik.”

5. Ruku

Yaitu mengangkat kedua tangan dan membaca "allahu akbar". Kemudian badan dibungkukkan dan kedua tangan memegang lutut. Usahakan antara punggung dan kepala sama rata.

Setelah itu membaca :

"سبحان ربي العظيم وبحمده"


"Subhaana robbiyal 'adziimi wabihamdih" sebanyak 3 kali.

Artinya: "Maha suci tuhan yang maha agung serta memujilah aku kepadanya."

6. Iktidal

Setelah rukuk, Rasulullah Shallalahu 'Alaihi wa Sallam mengangkat kepala tegak lurus sambil mengkat kedua tangan, sambil membaca :

سمع الله لمن حمده


Sami'allaahu liman hamidah

Artinya: "Allah maha mendengar terhadap orang yang memujinya."

Setelah berdiri tegak, lalu membaca :

ربنا لك اللحمد ملء السموات وملء الأرض وملء ما شئت من شيء بعد


Robbanaa lakal hamdu mil us samawaati wamil ul ardhi wamil u maa syi'ta min syain ba'du.

Artinya: "Ya Allah tuhan kami, bagimu segala puji sepenuh langit dan bumi, dan sepenuh sesuatu yang engkau kehendaki sesudah itu."

7. Sujud

Imam Ibnu Qoyyim al-Jauziyah dalam Zad 'al Ma'ad yang sudah di syarah dan di tahqiq (diberi penjelasan) oleh Syaikh Ali Ahmad Ath-Thahthawi menjelaskan bahwa Rasulullah Shallalahu 'Alaihi wa Sallam saat hendak sujud, meletakkan kedua lututnya terlebih dahulu sebelum kedua tangannya.

Namun, ada yang berpendapat sebaliknya, yakni meletakkan kedua tangan terlebih dahulu sebelum meletakkan lutut. Pendapat ini didukung oleh Imam Malik.

Kemudian beliau meletakkan kedua tangan, lalu kening lalu hidung.. Ketika turun ke bawah dari posisi iktidal, lakukan sambil membaca "Allahu akbar" dan sujud dengan membacanya 3 kali.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
cover top ayah
فَاصۡبِرۡ لِحُكۡمِ رَبِّكَ وَلَا تُطِعۡ مِنۡهُمۡ اٰثِمًا اَوۡ كَفُوۡرًا‌ۚ‏ (٢٤) وَاذۡكُرِ اسۡمَ رَبِّكَ بُكۡرَةً وَّاَصِيۡلًا (٢٥) وَمِنَ الَّيۡلِ فَاسۡجُدۡ لَهٗ وَسَبِّحۡهُ لَيۡلًا طَوِيۡلًا (٢٦)
Maka bersabarlah untuk melaksanakan ketetapan Tuhanmu, dan janganlah engkau ikuti orang yang berdosa dan orang yang kafir di antara mereka. Dan sebutlah nama Tuhanmu pada waktu pagi dan petang. Dan pada sebagian dari malam, maka bersujudlah kepada-Nya dan bertasbihlah kepada-Nya pada bagian yang panjang di malam hari.

(QS. Al-Insan Ayat 24-26)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More