Sejarah Tarim Yaman, Kota Seribu Wali Penghasil Ulama dan Keturunan Nabi Muhammad

Kamis, 17 November 2022 - 23:26 WIB
Kota Tarim Yaman dikenal sebagai Negeri Seribu Wali. Tarim dikenal sebagai kota yang sangat relijius dan memegang teguh ajaran Islam yang dibawa Nabi Muhammad SAW. Foto/dok ikhwan attamimi
Sejarah Tarim di Yaman dikenal sebagai Kota Seribu Wali dan penghasil ulama keturunan Nabi Muhammad SAW. Kota yang berada di wilayah Hadhramaut ini berjarak sekitar 600 Km dari ibukota Sana'a Yaman.

Meski tergolong tandus dengan curah hujan rendah, Kota Tarim memiliki hawa sejuk dengan aura yang teduh. Kebutuhan air di Kota Tarim tetap tercukupi dengan banyaknya pohon yang tumbuh di sepanjang jalan. Sehingga dijuluki Tarim al-Ghanna, kota yang rindang karena banyaknya pepohonan.



Tarim dikenal sebagai kota yang sangat relijius dan memegang teguh ajaran Islam yang dibawa Nabi Muhammad SAW. Di kota inilah banyak lahir para Habaib dan ulama keturunan Nabi Muhammad shollallohu 'alaihi wasallam (SAW). Tarim juga dikenal sebagai kota penghasil ulama-ulama besar Mazhab Syafi'i.

Julukan Kota Seribu Wali yang melekat pada Tarim karena terdapat ribuan wali dimakamkan di kota ini. Sebut saja, Imam Abdurahman bin Muhammad Mauladdawilah as-Saqqaf (Assegaf); Imam Abdullah bin Abi Bakar as-Sakran; Imam Ahmad Syahabuddin al-Ashgor; Imam Abdullah bin Alawi Al-Haddad, pengarang Ratibul Haddad; Imam Ahmad bin Hasan al-Atthas dan masih banyak ribuan Wali lainnya.





Rasulullah SAW pernah bersabda:

قَالَ أَبُو هُرَيْرَةَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَتَاكُمْ أَهْلُ الْيَمَنِ هُمْ أَضْعَفُ قُلُوبًا وَأَرَقُّ أَفْئِدَةً الْفِقْهُ يَمَانٍ وَالْحِكْمَةُ يَمَانِيَةٌ

Artinya: "Abu Hurairah berkata, Rasulullah shollallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Telah datang penduduk Yaman, mereka adalah kaum yang paling lembut hatinya. Fiqh ada pada orang Yaman. Hikmah juga ada pada orang Yaman." (Shahih Muslim No 74)

Riwayat Al-Bukhari menyebutkan: "Telah datang kepada kalian penduduk Yaman. Mereka adalah orang-orang lembut hatinya, keimanan itu ada dalam penduduk Yaman, dan hikmah juga ada dalam penduduk Yaman." (HR Al-Bukhari)

Sejarah Kota Tarim



Nama Kota Tarim sendiri diambil dari nama seorang penguasa yang membangun kota tersebut bernama Tarim bin Hadhramaut. Sumber lain menyebut yang membangun Kota Tarim adalah Sa'ad Al-Kamil.

Tarim dikenal pula dengan sebutan Madina As-Shiddiq (Kota As-Shiddiq). Di kota ini sahabat Nabi, Abubakar ash-Shiddiq pernah meminta sumpah setia dari penguasa Tarim Ziyad bin Lubaid Al-Anshori dan penduduknya untuk membaiat beliau sebagai khalifah.

Karena sumpah setia itu, Abu Bakar kemudian mendoakan kota ini dengan kalimat indah: "Mudah-mudahan Allah memberikan kemakmuran untuk Kota Tarim. Mudah-mudahan Allah memberkahi kesuburan tanah Kota Tarim dan sumber airnya. Mudah-mudahan Allah memberkahi Tarim dengan banyaknya para ulama yang sholeh dan menjadikannya negeri yang subur akan Auliya-Nya (para wali Allah)."

Allah pun mengabulkan doa Khalifah Abu Bakar. Akhirnya Tarim menjadi kota yang subur dan diberkahi. Kota ini kemudian menjadi persinggahan para Ahlul Bait, anak keturunan Nabi Muhammad SAW dari jalur Sayyidina Husain atau dikenal dengan istilah Habaib.

Anak keturunan Nabi yang pertama kali datang ke Hadhramaut ini adalah Sayyid Ahmad bin Isa (Imam Al-Muhajir) yang hijrah dari Basrah Irak. Beliau datang membawa keluarganya berjumlah 70 orang. Dari sinilah asal mula Habaib hingga hari ini banyak tersebar di Indonesia.

Imam Al-Muhajir (generasi ke-8 keturunan Sayyidina Husain cucu Rasulullah SAW) wafat 345 H (924 M) di Husayyisah, sebuah kota antara Tarim dan Seiyun, Hadhramaut.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
cover top ayah
وَاِذۡ قَالَ اِبۡرٰهٖمُ رَبِّ اَرِنِىۡ كَيۡفَ تُحۡىِ الۡمَوۡتٰى ؕ قَالَ اَوَلَمۡ تُؤۡمِنۡ‌ؕ قَالَ بَلٰى وَلٰـكِنۡ لِّيَطۡمَٮِٕنَّ قَلۡبِىۡ‌ؕ قَالَ فَخُذۡ اَرۡبَعَةً مِّنَ الطَّيۡرِ فَصُرۡهُنَّ اِلَيۡكَ ثُمَّ اجۡعَلۡ عَلٰى كُلِّ جَبَلٍ مِّنۡهُنَّ جُزۡءًا ثُمَّ ادۡعُهُنَّ يَاۡتِيۡنَكَ سَعۡيًا ‌ؕ وَاعۡلَمۡ اَنَّ اللّٰهَ عَزِيۡزٌ حَكِيۡمٌ
Dan (ingatlah) ketika Ibrahim berkata, Ya Tuhanku, perlihatkanlah kepadaku bagaimana Engkau menghidupkan orang mati. Allah berfirman, Belum percayakah engkau? Dia (Ibrahim) menjawab, Aku percaya, tetapi agar hatiku tenang (mantap). Dia (Allah) berfirman, Kalau begitu ambillah empat ekor burung, lalu cincanglah olehmu kemudian letakkan di atas masing-masing bukit satu bagian, kemudian panggillah mereka, niscaya mereka datang kepadamu dengan segera. Ketahuilah bahwa Allah Mahaperkasa, Mahabijaksana.

(QS. Al-Baqarah Ayat 260)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More