Kesederhanaan dan Kedermawanan Abah Noer, Pendiri Ponpes Asshiddiqiyyah Jakarta

Rabu, 23 November 2022 - 10:04 WIB
Dalam bahasa Jawa, Abah itu adalah orang yang nyah nyoh (tidak mikir-mikir) kalau memberi uang, ke siapapun baik dalam jumlah yang sedikit atau banyak sekalipun. Beberapa kali ia ditipu oleh orang-orang yang ingin meminjam uang, dan tahu kalau orang yang di hadapannya berniat menipu, tetap saja ia memberinya. Bahkan Abah Noer banyak memberangkatkan sahabat-sahabatnya untuk haji ke Baitullah.

Jasa Abah Noer

Salah satu jasa besar Abah Noer adalah di bidang pendidikan. Kini, ada 12 pesantren yang diwariskanya, tersebar di seluruh Indonesia yaitu Asshiddiqiyyah pusat di Kebon Jeruk, Jakarta Barat; Asshiddiqiyyah 2 di Batuceper, Tangerang; Asshiddiqiyyah 3 di Cilamaya Wetan, Karawang, Jawa Barat; Asshiddiqiyyah 4 di Cilamaya Kulon, Karawang, Jawa Barat; dan Asshiddiqiyyah 5 di Jonggol, Bogor, Jawa Barat.

Selanjutnya, Asshiddiqiyyah 6 di Setu Kota, Tangerang Selatan, Banten; Asshiddiqiyyah 7 di Cijeruk, Bogor, Jawa Barat; Asshiddiqiyyah 8 di Tungkal Jaya, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan; Asshiddiqiyyah 9 di Gunungsugih, Lampung Tengah; Asshiddiqiyyah 10 di Sukaresmi, Cianjur, Jawa Barat; Asshiddiqiyyah 11 di Gunug Labuhan, Waykanan, Lampung; dan Asshiddiqiyah 12 di Jonggol, Bogor, Jawa Barat.

Pada Ahad, 13 Desember 2020/28 Rabiul Akhir 1442, keluarga besar Pondok Pesantren Asshiddiqiyyah Jakarta berduka atas kepergian Abah. Duka cita menyelimuti seluruh pesantren dan semua orang, khususnya mereka yang mengenal Abah. Semoga teladannya selalu menginspirasi banyak orang. Untuk Abah Noer, Al-Faatihah!

Diana Fera

Mahasantri Ma'had Aly Sa'iidusshiddiqiyah Jakarta

(rhs)
Halaman :
Follow
Hadits of The Day
Dari Jabir bin Abdillah dia berkata, saya mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Dzikir yang paling utama adalah Laa ilaaha illallah (tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah). Dan doa yang paling utama adalah Alhamdulillah (segala puji bagi Allah).

(HR. Sunan Ibnu Majah No. 3790)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More