Biografi Syaikh Yasin Al-Fadani, Ulama Asal Padang yang Dijuluki Musnid Dunia

Selasa, 29 November 2022 - 14:06 WIB
Murid Syaikh Yasin Al-Fadani cukup banyak dan menjadi ulama terkemuka di antaranya: Syaikh DR Ali Jum'ah (Mufti Mesir); KH Maimoen Zubair; KH Ahmad Sahal Mahfuzh; KH Muhammad Zaini Abdul Ghani (Martapura); Syaikh Ahmad Damanhuri al-Bantani (Banten); KH Abdul Hamid ad-Dari, Syaikh Ahmad Muhajirin ad-Dari (Bekasi).

Kemudian Ketua Umum PBNU 1956-1984 Dr KH Idham Chalid, KH Muhammad Nuruddin Marbu, KH Muhammad Syukri Unus, KH Munawwar Martapura, Prof Dr KH Sayyid Agil Munawwar, Prof KH Syarwani Zuhri. Dan masih banyak ulama lainnya.

Wafat

Syaikh Yasin Al-Fadani wafat pada malam Jumat di Kota Mekkah pada 20 Juli 1990 atau 28 Dzulhijjah 1410 H. Riwayat lain menyebut 21 Juli 1990 pada usia 75 tahun.

Kepulangan beliau disaksikan oleh murid beliau bernama Syaikh Mukhtaruddin al-Falimbani. Adapun yang mengurus jenazah beliau adalah Syaikh Ismail Zein. Syaikh Yasin disholatkan di Masjidil Haram usai sholat Jumat dan dimakamkan di Ma'la Mekkah Al-Mukarramah.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Halaman :
cover top ayah
اَلَمۡ تَرَ اِلَى الَّذِيۡنَ تَوَلَّوۡا قَوۡمًا غَضِبَ اللّٰهُ عَلَيۡهِمؕۡ مَّا هُمۡ مِّنۡكُمۡ وَلَا مِنۡهُمۡۙ وَيَحۡلِفُوۡنَ عَلَى الۡكَذِبِ وَهُمۡ يَعۡلَمُوۡنَ
Tidakkah engkau perhatikan orang-orang (munafik) yang menjadikan suatu kaum yang telah dimurkai Allah sebagai sahabat? Orang-orang itu bukan dari (kaum) kamu dan bukan dari (kaum) mereka. Dan mereka bersumpah atas kebohongan, sedang mereka mengetahuinya.

(QS. Al-Mujadilah Ayat 14)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More