Inilah 4 Golongan yang Mendapat Kebaikan dari Allah SWT

Senin, 20 Februari 2023 - 12:36 WIB
loading...
Inilah 4 Golongan yang Mendapat Kebaikan dari Allah SWT
Ada beberapa golongan manusia yang mendapat kebaikan dari Allah Subhanahu wa taala, salah satunya adalah orang-orang yang bersabar dengan ketetapan Allah SWT. Foto ilustrasi/ist
A A A
Orang yang beriman yang tunduk dan patuh kepada Allah Subhanahu wa ta'ala dan hanya mengharap kenikmatan dan kebaikan dari-Nya, merupakan orang-orang yang beruntung . Merekalah, yang mendapat kebaikan dunia akhirat dari sisi Allah. Bukan kebaikan menurut dirinya sendiri atau orang lain. Akan tetapi, kebaikan menurut Allah dan Rasul-Nya.



Nabi Muhammad shallallhu alaihi wa sallam telah menyebutkan beberapa golongan manusia yang dikehendaki kebaikan oleh Allah. Siapa saja mereka? Menurut Ustadz Muhammad Faishal Fadli dalam salah satu catatan ceramahnya di laman dakwah.idmenjelaskan, ada 4 golongan yang mendapat kebaikan dari Allah Ta'ala. Mereka adalah :

1. Golongan yang diberi pemahaman dan kefakihan dalam ilmu agama

Para ulama adalah orang-orang pilihan yang Allah beri kebaikan. Karena merekalah yang Allah takdirkan untuk menjadi pembela agama-Nya. Dengan pemahaman Islam yang benar, seseorang bisa membedakan mana yang haq dan bathil. Dengan ilmu agama, kebodohan terangkat dari dirinya dan dari masyarakat di sekitarnya. Dengan kefakihan, ia bisa membedakan mana yang sunnah dan mana yang bid’ah dhalalah.

Ia bisa mengarahkan dirinya dan orang lain ke jalan kebenaran. Sudah selayaknya merekalah golongan pertama yang dikehendaki kebaikan oleh Allah. Sebuah hadis menjelaskan:

مَنْ يُرِدْ اللَّهُ بِهِ خَيْرًا يُفَقِّهْهُ فِي الدِّينِ


“Barang siapa yang Allah inginkan kebaikan kepadanya, Dia akan fakihkan orang tersebut dalam ilmu agama.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

2. Golongan orang yang diberi kesabaran dalam mengarungi kehidupan

Dalam mengarungi kehidupan, setiap orang akan diberi ujian hidup. Misalnya ujian mendapat musibah yang datang tiba-tiba. Mulai dari bencana alam atau musibah berat yang dialami sebagian individu, seperti kecelakaan, kesulitan biaya hidup, dan semacamnya.

Maka, orang yang diberi kebaikan besar oleh Allah subhanahu wata’ala adalah dia yang mempunyai sifat sabar di dalam hatinya. "Kesabaran mutlak dibutuhkan oleh seorang mukmin dalam kondisi apa pun,"ungkap dai yang kerkhidmat di kajian dakwah tersebut.

Mengutip para ulama, Ustadz Fadli menyebutkan bahwa sabar ada tiga macam: (1) sabar dalam menghadapi musibah yang begitu berat bagi jiwa; (2) sabar dalam menjalankan ketaatan dengan segala keletihan yang harus dirasakan; dan (3) sabar dalam menjauhi perbuatan dosa, yaitu ketika pintu-pintu maksiat terbuka lebar, tetapi menghindari kesempatan itu.

Maka dari itu, beruntunglah orang yang diberi kesabaran. Karena ia telah dikehendaki mendapat kebaikan yang banyak dan besar oleh Allah azza wajalla. Sebagaimana sabda Nabi Shallallahu alaihi wa sallam berikut ini,

وَمَا أُعْطِيَ أَحَدٌ عَطَاءً خَيْرًا وَأَوْسَعَ مِنْ الصَّبْرِ


“Tidaklah seseorang diberikan dengan sesuatu yang lebih baik dan lebih luas dari pada kesabaran.” (HR. Bukhari).

3. Golongan orang yang dihapuskan catatan dosanya dengan percepatan sanksi di dunia

Ada dosa yang seorang hamba lakukan yang mungkin tanpa ia sadari sudah menumpuk tinggi. Sehingga Allah, dengan karunia-Nya dan sifat pengasih-Nya, Dia menurunkan musibah kepada hamba tersebut dalam rangka menghapus dosa-dosa dan meninggikan derajatnya.

Seorang mukmin sejati, memandang bahwa setiap bala’, musibah, dan ujian berat sejatinya adalah karunia dan kebaikan dari sisi Allah Ta’ala.

Rasul shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا أَرَادَ اللَّهُ بِعَبْدِهِ الْخَيْرَ عَجَّلَ لَهُ الْعُقُوبَةَ فِي الدُّنْيَا، وَإِذَا أَرَادَ اللَّهُ بِعَبْدِهِ الشَّرَّ أَمْسَكَ عَنْهُ بِذَنْبِهِ حَتَّى يُوَافِيَ بِهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1370 seconds (0.1#10.140)