Syaban Bulan Arwah dan Konsep Roh Imam Al-Ghazali

Kamis, 02 Maret 2023 - 17:22 WIB
loading...
A A A


Sebagai catatan, Al-Ghazali menjelaskan bahwa kata roh dan nafs dalam ketiga ayat di atas merupakan muradif atau sinonim. Menariknya, aktivitas tazkiyah al-nafs yang diisyaratkan surah Asysyams di atas merupakan aktifitas yang menurut Allah sangat penting.

Buktinya, dalam rangkaiannya, ia diperkuat dengan tujuh sumpah yang dikaitkan dengan seluruh entitas bumi dan langit beserta seluruh elemen di dalamnya, yakni ayat 1-7.

Lebih jauh, tazkiyah al-nafs sebagai implementasi pemaknaan roh ini oleh Al-Ghazali secara khusus ditekankan dalam aplikasi husn al-khuluq atau etika yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Rasulullah SAW bersabda,

بُعِثْتُ لِأُتَمِّمَ مَكَارِمَ الْأَخْلَاقِ

“Aku diutus untuk menyempurnakan akhlak-akhlak yang mulia.”

Tazkiyah al-nafs dan husn al-khuluq adalah dua aktivitas berbeda yang harus berjalan beriringan. Ibarat dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan. Tazkiyah al-nafs adalah membersihkan hati dari segala etika buruk. Sedangkan husn al-khuluq adalah menghias hati dengan etika yang baik. Dalam bahasa lain, dua aktivitas ini disebut dengan takhalliy dan tahalliy.

(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3109 seconds (0.1#10.140)