Inilah Keberuntungan Orang Beriman, Dapat Kenikmatan Dunia dan Akhirat yang Tak Terhingga

Minggu, 05 Maret 2023 - 15:07 WIB
loading...
A A A
Allah Ta'ala berfirman,

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ الَّذِينَ آمَنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ ثُمَّ لَمْ يَرْتَابُوا


“Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu hanyalah orang-orang yang percaya (beriman) kepada Allah dan Rasul-Nya, kemudian mereka tidak ragu-ragu.” (QS. Al-Hujurat: 15)

Perlindungan terhadap diri dari keraguan dan syubhat yang beredar, kemudian menghilangkannya dan meneguhkan setiap keraguan yang dihembuskan oleh setan-setan jin dan manusia hanya bisa didapat dengan menerapkan iman dengan benar dalam kehidupan.

7. Mendapat rezeki yang baik

Iman akan mendatangkan barakah dari setiap rezeki yang Allah ‘azza wajalla berikan kepadanya dan Allah ‘azza wajalla mudahkan dalam mencarinya.

Allah Ta'ala berfirman,

وَلَو أَنَّ أَهْلَ الْقُرَى ءَامَنُوا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكَاتٍ مِنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ


“Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi.” (QS. Al-A’raf: 96)

Imam asy-Syaukani menjelaskan,

“Akan kami (Allah) mudahkan kebaikan dari langit dan bumi sebagaimana kemudahan membuka pintu yang terkunci.” (Fathul Qadir, 2/332; Tafsir al-Baidhawi, 1/43; Ruhul Ma’ani, 9/10)

8. Pertolongan dari musuh

Salah satu buah iman yang paling besar di dunia adalah datangnya pertolongan Allah ‘azza wajalla bagi orang-orang yang beriman dari musuh-musuh mereka. Ini adalah janji yang pasti dari Allah.

Allah ‘azza wa jalla berfirman,

وَكَانَ حَقًّا عَلَيْنَا نَصْرُ الْمُؤْمِنِينَ


“Dan Kami selalu berkewajiban menolong orang-orang yang beriman.” (QS. Ar-Ruum: 47)

Imam asy-Syaukani menjelaskan,

“Ini adalah kabar dari Allah ‘azza wajalla bahwa pertolongan untuk hamba-Nya yang beriman adalah pasti. Dan Allah ‘azza wajalla adalah Maha Menepati Janji yang tidak akan pernah menyelisihi janji-Nya. Ayat tersebut juga mengandung pemuliaan terhadap orang yang beriman dan penghormatan kepada hamba-hamba-Nya yang shalih.” (Fathul Qadir, 4/327; Tafsir ath-Thabari, 10/195; Tafsir al-Baghawi, 1/275)

9. Meninggal dalam keadaan Husnul Khatimah

Buah iman yang akan didapatkan hamba Allah ‘azza wajalla yang beriman dalam proses perjalanannya menuju alam akhirat adalah kematian dalam kondisi sebaik-baiknya, husnul Khatimah. Kemudian para malaikat akan mendatanginya dengan membawa kabar gembira, kedamaian suasana, dan kabar tentang tempatnya di Jannah kelak.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2238 seconds (0.1#10.140)