Bagaimana Hukum Bagi yang Tidak Melaksanakan Puasa Ramadan?

Kamis, 16 Maret 2023 - 08:25 WIB
loading...
Bagaimana Hukum Bagi yang Tidak Melaksanakan Puasa Ramadan?
Puasa Ramadan termasuk salah satu rukun Islam yang wajib ditunaikan, sehingga termasuk dosa besar bila meninggalkan dengan sengaja Puasa Ramadan. Foto ilustrasi/ist
A A A
Salah satu yang termasuk dosa besar adalah meninggalkan dengan sengaja Puasa Ramadan . Sebab Puasa Ramadan adalah bagian dari tegaknya syariat Allah Ta'ala di muka bumi. Artinya, Puasa Ramadan termasuk rukun Islam yang wajib ditunaikan.

Hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhu, menegaskan bahwa Puasa Ramadan bersanding dengan syariat yang paling utama dalam Islam. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

بُنِيَ الْإِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةِ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ وَإِقَامِ الصَّلَاةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ وَالْحَجِّ وَصَوْمِ رَمَضَانَ


Jadi, meninggalkan puasa Ramadan seperti kita mempunyai hutang kepada Allah Ta'ala. Rasulullah pernah menegaskan dalam sebuah hadis bahwa hutang kepada manusia saja wajib dibayarkan, apalagi kepada Allah.



Puasa Ramadan adalah kewajiban bagi setiap muslim yang telah mukalaf. Jika telah terpenuhi syarat-syarat wajib puasa baginya maka ia wajib melaksanakan puasa.

Kewajiban puasa Ramadan berdasarkan firman Allah Ta’ala dalam surat al-Baqarah:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ كُتِبَ عَلَيۡكُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبۡلِكُمۡ لَعَلَّكُمۡ تَتَّقُونَ


“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al-Baqarah: 183)

Ayat ini berisi perintah untuk puasa bagi orang-orang beriman, di mana puasa diwajibkan sebagaimana telah diwajibkan atas umat-umat terdahulu. (Tafsir Jalalain, Jalaluddin al-Mahali dan Jalaluddin as-Suyuti, 28)

“Islam dibangun di atas lima pondasi; Syahadat, mendirikan salat, membayar zakat, haji dan puasa Ramadhan.” (HR. Al-Bukhari)

Para ulama menyebutkan syarat-syarat wajib berpuasa menjadi tiga hal utama; beragama Islam, baligh, berakal , memiliki kemampuan untuk berpuasa dan tidak ada yang menghalanginya untuk berpuasa. (Al-Iqna’, Muhammad bin Ahmad al-Khatib asy-Syarbini, 1/496)

Kewajiban puasa termasuk perkara asasi yang maklum diketahui oleh kaum muslimin. Tidak ada perbedaan pendapat di antara para ulama akan kewajiban puasa Ramadhan bagi setiap muslim atau muslimah yang telah baligh, berakal, dan ia mengetahui masuknya bulan Ramadan serta mampu untuk berpuasa. (Al-Iqna’ fi Masail al-Ijma’, Abil Hasan bin al-Qathan, 1/226)

Hukum Sengaja Tidak Puasa Ramadan

Jika kita jalan-jalan di ruang publik di bulan Ramadan seperti ini, ternyata masih banyak tempat-tempat makan yang buka, meski sebagian tempat memberikan tirai ‘setengah badan’ sebagai penutup.

Di jalan-jalan umum juga masih banyak orang yang tidak berpuasa. Dengan santainya mereka menenteng botol minuman kemasan dan mengunyah makanan ringan. Seakan hadirnya bulan Ramadan sama sekali tak membawa arti penting baginya. Sama saja seperti hari-hari biasa.

Juga pemuda dan remaja dengan rokok yang terselip di mulut, duduk-duduk santai di pinggir jalan menghembuskan asap dengan riang gembira sembari tertawa bercanda dengan teman-teman nongkrong

Jika kita bertanya kepada mereka, kenapa tidak berpuasa sedangkan agama mereka adalah Islam, seperti yang tertulis di kartu tanda penduduk (KTP). Maka dengan mudah dijawab, “Laper, haus. Males puasa.” Dan ragam alasan lainnya.

Lantas apa hukumnya bagi mereka yang sengaja tidak puasa Ramadan? Apakah bisa digeneralisasi bahwa setiap muslim mukalaf yang meninggalkan kewajiban puasa dengan sengaja maka ia telah jatuh pada kekafiran karena menentang kewajiban syariat yang telah ditetapkan oleh Al-Quran, Sunnah Nabi, kesepakatan para ulama?

Dikutip dari Islamqa, begini pendapat di antara para ulama secara global:
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2602 seconds (0.1#10.140)