Keutamaan Qiyamul Lail di Bulan Ramadan

Selasa, 28 Maret 2023 - 14:13 WIB
loading...
Keutamaan Qiyamul Lail di Bulan Ramadan
Jamaah salat tarawih di masjid. Foto/Ilustrasi: quran reading
A A A
Qiyamul lail adalah salah satu ibadah yang paling dinantikan saat bulan Ramadan . Namun, apakah semua umat Islam tahu apa saja keutamaan qiyamul lail di bulan Ramadan?

Saat bulan Ramadan, seluruh umat Islam berlomba-lomba mendapatkan pahala dengan berbagai macam ibadah. Selain puasa dan salat Tarawih , ibadah yang sering dilakukan saat Ramadan adalah qiyamul lail.

Qiyamul lail sendiri merupakan aktivitas umat Islam untuk menghidupkan malam-malam dengan ibadah kepada Allah. Qiyamul lail di bulan Ramadan memiliki keutamaan berupa dihapusnya dosa-dosa seorang muslim.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu , dia berkata: Dahulu Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menganjurkan menunaikan qiyam Ramadan tanpa memerintahkan dengan kuat (baca: bukan wajib). Kemudian beliau bersabda:

”Barangsiapa yang menunaikan salat malam di bulan Ramadan dengan iman dan mengharap (pahala), maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.”


Anjuran Berjamaah dalam Qiyamul Lail

Melaksanakan qiyamul lail pada bulan Ramadan secara berjamaah lebih diutamakan dibanding dengan sendiri. Sebab hal itu dicontohkan sendiri oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Sebagaimana diriwayatkan dalam hadis Abu Dzar radhiyallahu anhu, dia berkata: “Kami melaksanakan puasa bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam di bulan Ramadan. Beliau tidak salat bersama kita sedikitpun dalam bulan itu hingga tinggal tujuh (hari), lalu beliau menunaikan qiyam bersama kami sampai habis sepertiga malam.

Ketika tinggal enam (hari), beliau tidak salat bersama kami. Ketika tinggal lima (hari), beliau salat bersama kami sampai habis pertengahan malam. Kemudian saya bertanya: “Wahai Rasulullah! bagaimana kalau engkau tambah untuk kami qiyam (semua) malam ini."

Kemudian beliau bersabda: “Sesungguhnya jika seseorang salat bersama imam sampai selesai, maka dihitung baginya qiyam semalam (penuh).” Maka ketika (tinggal hari) keempat, beliau tidak salat (bersama kami). Dan ketika (tinggal hari) ketiga, beliau kumpulkan keluarga, istri-istrinya dan orang-orang.

Dan beliau berdiri (salat) bersama kami sampai kami khawatir tidak mendapatkan falah (sahur). Saya bertanya: “Apa falah itu?” dia menjawab: “Sahur”. Kemudian beliau tidak shalat (lagi) bersama kami sisa bulan (Ramadan).


Bilangan Rakaat Qiyamul Lail

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah menambah (bilangan rakaat) baik di bulan Ramadan atau selainnya dari sebelas rakaat. Maka beliau salat empat rakaat, jangan anda bertanya akan bagus dan lamanya. Kemudian salat empat rakaat, dan jangan anda bertanya akan bagus dan lamanya. Kemudian belia salat tiga (rakaat).” (HR Bukhari dan Muslim).

Bacaan dalam Qiyamul Lail

Tidak ada ketentuan khusus mengenai bacaan saat qiyamul lail saat Ramadan. Bisa dilakukan dengan bacaan Qur'an pendek maupun panjang.

Itulah pembahasan mengenai keutamaan qiyamul lail di bulan Ramadan. Semoga dengan informasi di atas dapat meningkatkan keimanan dan keistiqomahan untuk beribadah kepada Allah.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2772 seconds (0.1#10.140)