9 Pelajaran dan Hikmah dari Perang Uhud

Selasa, 28 Maret 2023 - 14:27 WIB
loading...
A A A
Nabi SAW keluar ke medan perang dengan mengenakan dua lapis baju perang, dan beliau memakai alat-alat perang.

Para sahabat berjuang bersama beliau dan bahkan Jibril beserta Mikail ikut bertempur dengan sengit, padahal Allah melindungi beliau dari pembunuhan.

7. Pelajaran dari Perang Uhud lainnya adalah dipilah dan disaringnya kaum mukminin dari kaum munafik. Dan orang-orang kafir dibinasakan dengan berhaknya mereka mendapatkan murka dan azab Allah.

8. Pelajaran lainnya dari Perang Uhud: pelajaran musyawarah antara Rasulullah SAW dan para Sahabat.

Sesungguhnya Rasulullah SAW tidaklah berpendapat sendiri dalam berperang, padahal beliau didukung oleh wahyu dan dikuatkan oleh Allah, namun beliau tetap bermusyawarah dan sering mendengarkan pendapat para sahabat beliau ketika bermusyawarah dan diskusi tanpa jenuh dan bosan.

Beliau pernah meninggalkan pendapat beliau sendiri dan mengambil pendapat mayoritas yang berbeda dengan pendapat beliau tanpa fanatik dengan pendapat sendiri ataupun memaksa umat untuk mengambilnya.



9. Pelajaran penting lainnya dari Perang Uhud adalah besarnya kasih sayang Nabi SAW kepada para sahabat.

Beliau, misalnya, tidaklah menghardik para pemanah yang melanggar perintah beliau dan tidak pula mengeluarkan mereka dari pasukan. Namun beliau menyikapi kelemahan dan kesalahan mereka dengan lemah lembut, hikmah dan maaf.
(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1320 seconds (0.1#10.140)