Khutbah Jumat Ramadan, Jauhi 5 Perkara yang Merusak Puasa

Jum'at, 31 Maret 2023 - 19:04 WIB
loading...
A A A
شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ

Artinya: "(Bulan Ramadhan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan sebagai penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan batil)..." (QS. Al-Baqarah ayat 185)

Bacalah Al-Qur'an, agendakan waktu untuk membaca Al-Qur'an, renungi arti dan maknanya dalam setiap kata dan ayatnya. Imam Syafi'i radhiallahu anhu. Ketika di bulan Ramadhan mengkhatamkan Al-Qur'an enam puluh kali, satu kali di siang hari dan satu kali khatam di malam hari.

Bulan Ramdahan dianjurkan untuk menghidupkan malam-malamnya dengan menjalankan Shalat Tarawih. Yakni shalat malam pada bulan Ramadhan, untuk mengikuti jejak Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, Para Sahabat dan Khulafaur Rasyidin. Sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam: "Barangsiapa mendirikan shalat malam Ramadhan karena iman dan mengharap pahala (dari Allah) niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (Hadits Muttafaq 'Alaih)

Bulan Ramadan Terdapat Lailatul Qadar
Yaitu malam yang lebih baik daripada seribu bulan, atau sama dengan 83 tahun 4 bulan. Malam di mana pintu-pintu langit dibukakan, doa dikabulkan, dan segala takdir yang terjadi pada tahun itu ditentukan

Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Barangsiapa mendirikan shalat pada Lailatul Qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, niscaya akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (Hadits Muttafaq 'Alaih)

Malam ini terdapat pada sepuluh malam terakhir, dan diharapkan pada malam-malam ganjil lebih kuat daripada di malam-malam lainnya. Karena itu, seyogianya seorang muslim yang senantiasa mengharap rahmat Allah dan takut dari siksaNya. Memanfaatkan kesempatan dengan bersungguh-sungguh pada setiap malam di 10 malam tersebut.

Di antaranya dengan shalat malam, membaca Al-Qur'anul Karim, dzikir, doa, istighfar dan taubat yang sebenar-benamya. Semoga Allah menerima amal ibadah kita, mengampuni, merahmati, dan mengabulkan doa kita.

(rhs)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1023 seconds (0.1#10.140)