11 Adab di Masjid Saat Iktikaf yang Penting Diketahui

Jum'at, 14 April 2023 - 09:04 WIB
loading...
A A A
Jika kamu melihat seseorang berjual beli di dalam masjid, maka katakanlah kepadanya: “Semoga Allah tidak memberi keuntungan dari jual belimu” (HR. at-Tirmidzi)

9. Tidak mencari barang hilang di masjid

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ سَمِعَ رَجُلاً يَنْشُدُ ضَالَّةً فِى الْمَسْجِدِ فَلْيَقُلْ لاَ رَدَّهَا اللَّهُ عَلَيْكَ فَإِنَّ الْمَسَاجِدَ لَمْ تُبْنَ لِهَذَا


“Barangsiapa mendengar seseorang mencari barangnya yang hilang di dalam masjid, maka katakanlah kepadanya:”Semoga Allah tidak mengembalikan barangmu !” Karena masjid bukan dibangun untuk ini” (HR. Muslim)

10. Tidak bertengkar dan meninggikan suara di dalam masjid

Diriwayatkan dari as-Saib bin Yazid, ia berkata:

“Suatu ketika aku berada di masjid Nabawi, tiba-tiba seseorang melemparku dengan kerikil kecil. Aku melihatnya ternyata orang itu Umar bin Khatthab. Ia berkata: “ Pergi dan bawalah kedua lelaki itu kemari.” Maka aku pun membawa kedua lelaki yang dimaksud ke hadapan beliau. Umar bertanya: “Darimana kalian berdua ? Dari Thaif, jawab mereka berdua. Umar berkata: “Sekiranya kalian berdua berasal dari kota ini (Madinah-pen), niscaya akan aku pukul kalian ! Karena kalian meninggikan suara di dalam Masjid Rasulullah (HR.Bukhari)

11. Tidak menjadikan masjid sebagai tempat melintas, tanpa mengerjakan shalat di dalamnya

Nabi Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

لَاتَتَّخِذُوْا الْمَسَاجِدَ طُرُقًا إِلَّا لِذِكْرٍ أَوْ صَلَاةٍ


“Janganlah kalian jadikan masjid sebagai tempat melintas, kecuali untuk zikir dan sholat“ (HR. ath-Thabrani di dalam al-Mu’jam al-Kabir)



Wallahu A’lam
(wid)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1641 seconds (0.1#10.140)