Ketika Kaum Muda Menengah dan Atas Kairo Memilih Jalan Sufi

Kamis, 11 Mei 2023 - 15:15 WIB
loading...
Ketika Kaum Muda Menengah dan Atas Kairo Memilih Jalan Sufi
Minat terhadap mistisisme tumbuh di antara anggota muda kelas menengah dan atas Kairo. Foto/Ilustrasi: qantara/dw
A A A
Kaum sufi Mesir bersikap defensif terhadap negara selama beberapa dekade. Di sisi lain, minat terhadap mistisisme tumbuh di antara anggota muda kelas menengah dan atas Kairo.

Penulis dan peneliti tasawuf, Marian Brehmer, membuat laporan tentang kehidupan kaum sufi di Mesir. Hasil reporasenya itu dipublikasikan en.qantara.de belum lama ini. Berikut selengkapnya laporan itu.

Suatu hari di Al Maadi, lingkungan kaya di selatan Kairo, di sebuah blok apartemen modern yang tidak mencolok, sekelompok Sufi berkumpul mengadakan pertemuan mingguan mereka. Ruang tamu dihias dengan elegan, dengan kaligrafi Arab dan karya seni abstrak yang digantung berdampingan di dinding. Lima wanita muda sedang duduk di sofa di depan guru sufi mereka, yang memimpin pertemuan.

Khaled (bukan nama sebenarnya), seorang pria paruh baya dengan wajah tirus dan tulus, menjalankan untaian tasbih melalui jari-jarinya.

Khaled adalah anggota ordo Shadhiliyya, salah satu dari hampir 80 persaudaraan sufi yang diakui secara resmi di Mesir. Di sini, di Maadi dia menjalankan ajaran Sufinya dalam bentuk modern, terlepas dari struktur tatanan tradisional tempat dia dibesarkan.

Orang lain yang hadir adalah mahasiswi dan pengusaha, yang betah dalam kehidupan profesional Kairo yang bergerak cepat. Pertemuan Sufi memberi mereka oasis ketenangan di kota yang hingar bingar ini, kota terpadat di dunia Arab. Lebih dari dua puluh juta orang hidup dalam batas luarnya.

Khaled menoleh ke seorang wanita muda yang hadir untuk pertama kalinya. Wanita itu, yang memiliki selendang yang menutupi rambutnya dengan longgar, memberi tahu kelompok itu bahwa dia bekerja di sebuah perusahaan peranti lunak. Dia telah mengambil bagian dalam zikir sebelumnya, meskipun tidak dalam ordo sufi. "Kamu bisa bertanya apa yang ada di hatimu," kata Khaled.

Wanita itu berpikir sejenak. Dunia tarekat (ordo sufi) dan syekh adalah hal baru baginya. "Apakah mungkin untuk mengambil sesuatu dari satu tarekat, dan kemudian sesuatu dari tarekat lainnya?"

"Katakanlah Anda sakit, dan Anda berkonsultasi dengan empat dokter yang semuanya menggunakan metode pengobatan yang berbeda. Masing-masing benar dengan metodenya sendiri. Tetapi tidak setiap metode cocok untuk setiap orang," kata Khaled. "Masing-masing dari kita membutuhkan sistem yang sesuai dengan tubuh dan kepribadian kita sendiri. Ketika Anda tunduk pada berbagai perawatan yang berbeda, itu hanya akan menimbulkan kebingungan."

Kemudian dia melanjutkan: "Tarekat adalah sekolah untuk menyembuhkan diri. Anda perlu menemukan tarekat mana yang tepat untuk Anda, mana yang paling cocok dengan konstitusi Anda." Kemudian, kelompok tersebut membahas ayat-ayat Al-Quran tentang menghadapi ujian dan tantangan dalam hidup dan mengapa tasawuf berpusat pada penyucian hati. Sesi ditutup dengan doa bersama.

Keterasingan dari Islam setelah Revolusi

Menyusul revolusi Tahrir Square tahun 2011, dan menguatnya wacana Islam, kaum muda Mesir dari kelas menengah dan atas Kairo merasa semakin terasing dari Islam. Pada saat yang sama, tumbuh minat terhadap tasawuf, yang dilihat oleh kaum muda sebagai alternatif untuk mengakses inti spiritual agama mereka. Sebaliknya, mereka melihat ajaran Wahabi dan Salafi sebagai penyempitan dan distorsi Islam.

Dalam sebuah artikel di majalah online Al-Monitor, antropolog Berlin Samuli Schielke berbicara tentang "kebangkitan sufi" di kalangan orang Mesir terpelajar. Selama beberapa tahun sekarang, mereka telah menghembuskan kehidupan baru ke dalam tradisi mistik yang sejak lama tampak menurun di Sungai Nil. Di beberapa kelompok ini – seperti yang mungkin juga kita amati di Turki atau Iran – doktrin Islam dicampur dengan elemen zaman baru, atau praktik dari tradisi India seperti yoga dan meditasi.

Sufisme memiliki akar yang kuat di Mesir. Menurut perkiraan Harvard Divinity School, 15% orang Mesir tergabung dalam tarekat sufi atau berpartisipasi dalam ritual sufi populer. Hampir tidak ada negara Arab lain di mana maulid, hari lahir Nabi Muhammad SAW, dirayakan secara luas seperti di Mesir.

Tapi Mesir, rumah bagi Universitas Al-Azhar yang terhormat di Kairo, juga merupakan tempat lahir ortodoksi Islam. Hubungan lembaga itu dengan mistisisme kontradiktif: di satu sisi, banyak dosen Al-Azhar yang juga anggota tarekat Sufi – tetapi di sisi lain, ada juga unsur-unsur konservatif dan Salafi di antara staf pengajar universitas.

Regulasi Persaudaraan Sufi

Selain itu, selama lebih dari seratus tahun, Al-Azhar juga terlibat memantau aktivitas persaudaraan di Mesir. Sebuah "Dewan Tinggi Tarekat Sufi" telah ada di negara itu sejak tahun 1903, dengan tanggung jawab mengatur tarekat.

Tugas badan pemerintahan yang terdiri dari perwakilan Universitas Al-Azhar dan tokoh agama dari berbagai ukhuwah ini adalah memastikan praktik kelompok sufi tetap berada dalam batas aturan dan hukum agama. Dewan terlibat dalam penunjukan syekh dan memberikan izin untuk perayaan dan pertemuan keagamaan.

Konsili ini merupakan hasil diskusi selama abad ke-20, ketika para pembaharu Islam dan ulama ortodoks semakin mencela tasawuf, menyebutnya takhayul. Pada saat itu, syekh Mesir bersikap defensif, dan terpaksa membuktikan bahwa praktik mereka sesuai dengan ortodoksi Islam.

Kebangkitan Ikhwanul Muslimin, yang menganggap tasawuf sebagai distorsi Islam, menghadirkan tantangan khusus bagi para mistikus. Pendirinya Hassan al-Banna (1906-1949), yang sebelumnya adalah anggota tarekat sufi, mengkritik tajam para sufi pada zamannya, meskipun ia juga sangat memuji praktik asketis dari periode awal mistisisme Islam.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2396 seconds (0.1#10.140)