Kumpulan Artikel: Jalan Sufi

  • Kisah Sufi Rahasia Para Pertapa: Ketika Darwis Mengupas Bawang
    Hikmah
    Rabu, 01 November 2023 - 14:30 WIB
    Para Sufi menyatakan bahwa penyampaian pengetahuan secara biasa mudah menyebabkan kekeliruan karena adanya penambahan atau pengurangan dan ingatan yang salah.
  • Salah Paham Umat Islam terhadap Tasawuf dan Kaum Sufi
    Hikmah
    Rabu, 12 Juli 2023 - 13:38 WIB
    Sebelum abad ke-19, hampir mustahil untuk mengklaim bahwa Sufisme tidak ada kaitannya dengan Islam. Ini karena, hingga akhir abad ke-18, ulama terkemuka di Makkah dan Madinah sangat dipengaruhi oleh tasawuf.
  • Cendekiawan Islam Turki Ini Bilang Sufisme Adalah Arkeologi Islam yang Mendalam
    Hikmah
    Selasa, 11 Juli 2023 - 15:52 WIB
    Sufisme adalah arkeologi mendalam dari agama Islam. Ini adalah upaya para sufi untuk memahami, menginternalisasi dan secara aktif menghayati inti dari tradisi Islam.
  • Ketika Kaum Muda Menengah dan Atas Kairo Memilih Jalan Sufi
    Dunia Islam
    Kamis, 11 Mei 2023 - 15:15 WIB
    Kaum sufi Mesir bersikap defensif terhadap negara selama beberapa dekade. Di sisi lain, minat terhadap mistisisme tumbuh di antara anggota muda kelas menengah dan atas Kairo.
  • Sebuah Dongeng Ajaran Sufi: Orang-Orang Pulau
    Hikmah
    Minggu, 19 Maret 2023 - 17:37 WIB
    Dongeng digunakan para guru Sufi untuk memberikan suatu gambaran kehidupan yang lebih sejalan dengan perasaan mereka dibandingkan melalui wahana kegiatan intelektual.
  • Melepaskan Keakuan Seorang Mukmin Menurut Jalaluddin Rakhmat
    Tausyiah
    Minggu, 19 Maret 2023 - 17:12 WIB
    Jadi yang mempercepat orang mencapai derajat yang tinggi di sisi Allah SWT bukanlah frekuensi salat dan puasa. Bukankah semua ibadah itu hanyalah ungkapan rasa syukur kita kepada Allah.
  • Kisah Sufi: Bayazid dan Orang yang Mementingkan Diri Sendiri
    Hikmah
    Senin, 06 Februari 2023 - 17:39 WIB
    Betapa pun tulus berusaha mencari kebenaran itu tampaknya bagi dirinya sendiri mungkin bagi orang lain juga pada kenyataannya didasari oleh kesombongan atau mementingkan diri sendiri.
  • Kisah Sufi: Maruf Si Tukang Sepatu dengan Istri yang Berhati Busuk
    Hikmah
    Sabtu, 28 Januari 2023 - 10:01 WIB
    Seperti berbagai kisah darwis lainnya, kisah ini terdapat juga dalam Malam-malam Arab (Arabian Nights). Tetapi tak seperti kebanyakan alegori Sufi, kisah ini tak berbentuk sajak
  • Jalan Ketaatan Para Sufi Menurut Ibnu Taimiyah
    Tausyiah
    Kamis, 19 Januari 2023 - 18:50 WIB
    Para sufi dan mereka yang menekuni fiqih sama-sama berhak memperoleh sebutan al-shiddiq-u, hanya saja masing-masing menempuh jalan ketaatan pada Allah dan Rasul-Nya menurut ijtihad yang mereka lakukan.
  • Bentuk-Bentuk Kegiatan Sufi Menurut Idries Shah
    Hikmah
    Sabtu, 14 Januari 2023 - 21:47 WIB
    Seorang anak tidak memiliki ilmu pengetahuan yang nyata mengenai hasil-hasil yang dicapai oleh orang dewasa. Seorang dewasa biasa (awam) tidak dapat memahami hasil-hasil yang dicapai seorang terpelajar.
  • Kisah Sufi: Orang yang Mudah Marah
    Hikmah
    Sabtu, 31 Desember 2022 - 15:36 WIB
    Kisah berikut ini dinukil dari buku berjudul Tales of The Dervishes karya Idries Shah yang diterjemahkan oleh Ahmad Bahar menjadi Harta Karun dari Timur Tengah - Kisah Bijak Para Sufi.
  • Kisah Sufi: Emas Keberuntungan Saudagar Abdul Malik
    Hikmah
    Kamis, 22 Desember 2022 - 10:03 WIB
    Sang darwis pada awal tahun 1950-an menasihati: Pusatkan perhatian pada bagian awal cerita, bukan pada pesan moralnya. Itu menunjukkan padamu tentang metode.
  • Kisah Sufi: Pelajaran untuk Putra Raja
    Hikmah
    Sabtu, 17 Desember 2022 - 13:37 WIB
    Versi ini muncul dalam sebuah tulisan darwis pengembara yang dikutip dari sebuah cerita yang dianggap berasal dari Amir Sultan, Syaih dari Bokhara, yang mengajar di Istanbul dan meninggal pada tahun 1429.
  • Kisah Sufi: Mencari Makna Ular dan Merak
    Hikmah
    Jum'at, 16 Desember 2022 - 20:32 WIB
    Merak diartikan juga sebagai perhiasan, sedangkan bentuk huruf Ular sama dengan bentuk huruf kata organisme dan kehidupan. Ini erkait dengan perlambangan samar Pemujaan Malaikat Merak Kaum Yezidi.
  • Kisah Sufi Bayazid Al-Bustami: Orang yang Menyadari Kematian
    Hikmah
    Selasa, 13 Desember 2022 - 19:27 WIB
    Kisah ini karya Abu Yazid Taifur bin Isa Surusyan, juga dikenal dengan Bayazid. Dia dikenal sebagai salah seorang sufi kenamaan Persia abad ke-III dari Bistam wilayah Qum, lahir pada tahun 874 M dan wafat pada usia 73 tahun.
  • Kisah Sufi Bahauddin an-Naqsyabandi: Khasiat Darah Manusia
    Hikmah
    Minggu, 11 Desember 2022 - 18:56 WIB
    Suatu kali beliau ditanya, Bagaimana orang atau bayi yang tercela bisa disucikan dalam sekejap, misalnya cukup dengan mendatangi dan menyentuh seorang guru agung?
  • Hati Sukma dan Akal Menurut Para Filsuf dan Sufi
    Hikmah
    Kamis, 17 November 2022 - 15:37 WIB
    Menurut para filsuf dan sufi Islam, hakikat manusia itu jiwa yang berpikir (nafs insaniyah), tetapi mereka berbeda pendapat pada cara mencapai kesempurnaan manusia.
  • Mengenal Ajaran Sufi Pengelana Syaikh Sadi Asy-Syirazi
    Hikmah
    Senin, 07 November 2022 - 16:36 WIB
    Pada masa hidupnya, Sadi adalah seorang Darwis yang senantiasa berkelana. Ia pernah ditangkap bala tentara Perang Salib dan disuruh menggali parit sedemikian dalam.
  • Kisah Penantian Orang yang Suka Tidur di Gerbang Surga
    Hikmah
    Minggu, 06 November 2022 - 19:22 WIB
    Kisah berikut merupakan bahan ajaran darwis yang disukai. Walaupun dikenal sebagai cerita rakyat, asal usulnya tidak diketahui. Beberapa orang menganggapnya berasal dari Hadrat Ali, Khalifah Keempat.
  • Kisah Mukjizat dan Muslihat Bahauddin Naqsyabandi
    Hikmah
    Sabtu, 05 November 2022 - 09:51 WIB
    Tarekat mengembangkan banyak sekolah khusus, yang mengambil nama-nama individu. Banyak penulis menganggapnya sebagai awal dari seluruh mata rantai penyebaran mistik.