Ketika Kaum Muda Menengah dan Atas Kairo Memilih Jalan Sufi

Kamis, 11 Mei 2023 - 15:15 WIB
loading...
A A A
Kelompok-kelompok Mesir dengan kecenderungan Salafi, sementara itu, mengutuk praktik Sufi saat ini sebagai bid'ah. Menanggapi hal ini, beberapa tarekat sufi telah mengadopsi karakteristik Salafi sendiri selama beberapa dekade terakhir. Sebuah serangan pada tahun 2017 memperlihatkan permusuhan terhadap kaum Sufi mencapai klimaks yang brutal.

Jihadis melancarkan serangan di sebuah masjid di Semenanjung Sinai yang dihadiri oleh para Sufi, menelan korban jiwa lebih dari 300 orang. Sebelum penyerangan, cabang ISIS telah mengumumkan ingin menghancurkan tatanan Al-Jaririya yang berbasis di sekitar Bir al-Abed, sebuah kota kira-kira tiga ratus kilometer timur laut Kairo.

Sufi Revolusioner

Tapi sufi juga terlibat dalam revolusi Lapangan Tahrir 2011, beberapa dari mereka bahkan memulai partai politik sendiri setelah Mubarak digulingkan. Mereka membenarkan langkah ini dengan mengatakan bahwa beberapa keterlibatan dalam politik diperlukan untuk memberikan alternatif bagi partai-partai Ikhwanul Muslimin dan Salafi. Saat itu, dikhawatirkan hak dan kebebasan gerakan sufi akan dibatasi setelah Ikhwanul Muslimin Mohamed Morsi terpilih sebagai presiden pada Juni 2012.

Setelah itu para pemimpin Sufi akan mendukung militer ketika yang terakhir menggulingkan Morsi pada tahun 2013 menyusul protes massal terhadap pemerintahannya. Dengan pembantaian 800 Ikhwanul Muslimin di Kairo pada Agustus 2013, penguasa baru dan mantan pemimpin militer Abdul Fattah al-Sisi memperjelas bahwa dia tidak akan mentolerir oposisi terhadap pemerintahannya.

Rezimnya mendukung Sufi sebagai penyeimbang Islamis; ordo Sufi dan pemerintah Mesir memiliki musuh yang sama dalam Ikhwanul Muslimin.

Di makam Ibn Ata'Allah al-Iskandari, guru Shadhiliyya abad ke-13 yang terkenal – salah satu situs ziarah Sufi terpenting di tenggara Kairo – pengunjung memasuki tempat yang tampaknya bebas dari semua kerumitan politik dan ideologis ini. Ajaran Al-Iskandari dibaca dalam tarekat sufi di seluruh dunia, dan mewakili era di mana Mesir adalah tempat lahir ilmu mistik.

Salah satu ucapan yang kami dapatkan dari Al-Iskandari, misalnya, adalah: "Setiap kali ada dukungan untuk ego di dalam, meskipun beratnya tidak lebih dari atom, maka Anda sombong dan memiliki setan yang akan menyesatkan Anda. ."
(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2136 seconds (0.1#10.140)