Ibadahnya Imam Ahmad: Sehari Sholat 300 Rakaat, Khatam Qur'an 2 Kali Sepekan

Kamis, 18 Mei 2023 - 23:37 WIB
loading...
Ibadahnya Imam Ahmad: Sehari Sholat 300 Rakaat, Khatam Quran 2 Kali Sepekan
Imam Ahmad bin Hanbal rahimahullah, ulama pendiri Mazhab Hanbali hidup di generasi Tabiut Tabiin. Beliau memiliki ibadah harian yang luar biasa. Foto ilustrasi/ist
A A A
Selain masa kecil yang terdidik oleh sang ibu, Ulama ahli Hadis pendiri Mazhab Hambali, Imam Ahmad bin Hanbal (Baghdad, 164-241 H) ternyata punya ibadah harian yang luar biasa.

Seperti apa ibadahnya? Berikut penjelasan Pengasuh Ma'had Subuluna Bontang Kalimantan Timur Ustaz Ahmad Syahrin Thoriq dalam satu kajiannya.

Sholatnya Imam Ahmad
Putra beliau bernama Abdullah bin Ahmad bin Hanbal memberikan kesaksian atas ibadah sang ayah yang luar biasa. Abdullah menceritakan:

كان أبي يصلي في كل يوم وليلة ثلاثمائة ركعة، فلما مرض من تلك الأسواط أضعفته، فكان يصلي في كل يوم وليلة مائة وخمسين ركعة، وقد كان قرب من الثمانين، وكان يقرأ في كل يوم سُبْعًا ؛ يختم في كل سبعة أيام، وكانت له ختمة في كل سبع ليال سوى صلاة النهار، وكان ساعة يصلي عشاء الآخرة ينام نومة خفيفة، ثم يقوم إلى الصباح يصلي ويدعو

Artinya: "Dahulu Ayahku biasa sholat dalam sehari semalam hingga 300 raka'at. Pascabeliau sakit karena sebab cambukan itu beliau pun menjadi lemah. Sehingga kemudian ayahku hanya mampu mengerjakan sholat dalam sehari semalam 150 raka'at, padahal usianya saat itu sudah mendekati 80 tahun."

Kemudian lanjut sang anak, "Ayahku membaca Al-Qur'an setiap harinya sepertujuh, hingga ia mengkhatamkan Al-Qur'an setiap 7 malam, dan demikian juga di siang harinya. Setelah shalat Isya, beliau beranjak tidur sejenak, lalu bangun dan sibuk dengan sholat malam juga berdo'a hingga tibanya waktu Subuh." (Hilyatul Aulia (9/181))

Beliau juga berkata: "Ayahku mengkhatamkan Al-Qur'an sepekan dua kali. Sekali di waktu malam dan sekali untuk waktu siang." (Tabaqat al Hanabilah (1/9))

Mendoakan Orang Lain di Waktu Sahur
Dalam riwayat lain, Abdullah bin Ahmad berkata:

ربما سمعت أبي في السحر يدعو لأقوام بأسمائهم، وكان يكثر الدعاء ويخفيه، ويصلي بين العشائين، فإذا صلى عشاء الآخرة، ركع ركعات صالحة، ثم يوتر وينام نومة خفيفة، ثم يقوم ويصلي وكانت قراءته لينة، ربما لم أفهم بعضها،

Artinya: "Ada kalanya di waktu sahur ayahku mendoakan beberapa orang dengan menyebut nama-nama mereka. Beliau memang gemar memperbanyak doa dan menyembunyikannya."

"Beliau terbiasa sholat sunnah di antara Maghrib dan Isya. Dan kalau sudah shalat Isya, beliau shalat dengan raka'at yang panjang. Setelah itu berwitir dan beliau tidur sejenak, lalu bangun lagi dan mengerjakan sholat dengan bacaan yang lembut, hingga aku tidak bisa memahami sebagian bacaannya."

Selalu Puasa Senin-Kamis dan Ayyamul Bidh
Selain sholat dan mengkhatamnkan Al-Qur'an dua kali sepekan. Imam Ahmad juga selalu istiqamah menjalankan puasa sunnah Senin Kamis dan Ayyamul Bidh (3 hari pertengahan bulan Hijriyah).

وكان يصوم ويدمن ثم يفطر ما شاء الله، ولا يترك صوم الاثنين والخميس وأيام البيض، فلما رجع من العسكر أدمن الصوم إلى أن مات

"Ayahku terbiasa berpuasa dan melanggengkannya dan tidak berpuasa sesekali. Beliau tidak pernah meninggalkan puasa senin dan kamis serta puasa pada hari-hari putih. Dan mana kala beliau setelah ditangkap dan dikembalikan ke rumah, beliau terus menerus berpuasa hingga meninggal dunia." (Siyar A'lam Nubala (11/223))

Ketika sang imam jatuh sakit yang mengantarkan kepada kewafatannya, Khalifah al-Mutawakil billah mengirimkan seorang dokter untuk merawatnya. Namun dokter itu kembali dan memberikan laporan kepada sang khalifah:

يا أمير المؤمنين أحمد ليست به علة في بدنه، إنما هو من قلة الطعام والصيام والعبادة

"Wahai Amirul Mukminin, Ahmad tidak terkena penyakit apapun di badannya. Sakitnya ini karena sedikitnya makanan yang dia makan, dan banyaknya puasa dan ibadah yang dia kerjakan." (Tabaqat al Hanabilah (1/12)

(Bersambung)!

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1444 seconds (0.1#10.140)