Osman Hamdi Bey: Artis, Arkeolog, dan Pelindung Warisan Ottoman

Rabu, 24 Mei 2023 - 14:01 WIB
loading...
A A A
Penggalian Sidon

Terlepas dari pendidikan elit dan posisi senior dalam birokrasi Ottoman, Hamdi Bey tidak takut mengotori tangannya.

Antara tahun 1883 dan 1895, dia memimpin serangkaian penggalian arkeologi di seluruh kekaisaran, tidak hanya di dalam perbatasan Turki kontemporer tetapi juga di negara-negara Arab saat ini, seperti Suriah dan Lebanon.

Ekspedisi tersebut menemukan reruntuhan dan harta karun artefak yang signifikan, termasuk sarkofagus, kolom, dan patung di situs termasuk Palmyra dan Kadesh di Suriah, dan di sekitar Pantai Aegean di Anatolia.

Penemuannya yang paling menonjol adalah di pedesaan Sidon di Lebanon pada tahun 1887, di mana seorang penduduk desa menemukan reruntuhan kuno saat membangun rumah baru.

Sejalan dengan undang-undang yang telah disiapkan Hamdi Bey, penduduk desa memberi tahu gubernur Ottoman setempat, yang memeriksa sendiri situs tersebut dan menyampaikan temuan tersebut kepada atasannya hingga berita tersebut sampai ke Istanbul.

Di sana, Sultan Ottoman Abdulhamid II menugaskan Hamdi Bey untuk memimpin penggalian dan membawa benda-benda itu kembali ke Istanbul, sebuah proyek yang akan berlangsung selama tiga bulan pada tahap awalnya.

Hamdi Bey memimpin tim peneliti yang menemukan pekuburan kerajaan yang penuh dengan sarkofagus, yang berusia setidaknya 2.400 tahun.

Yang paling penting di antara mereka adalah Sarkofagus Alexander abad keempat SM; artefak yang sangat terawetkan dengan berat 15 ton dan berdiri lebih dari tiga meter.



Sarkofagus itu dihiasi dengan detail relief yang menggambarkan Alexander Agung dalam adegan pertempuran bersejarah dan mitologis, termasuk kekalahannya atas Persia.

Analisis awal memupus harapan bahwa makam itu menampung penakluk besar itu sendiri, tetapi ternyata itu adalah milik Abdalonumus, yang diangkat menjadi Raja Sidon oleh Alexander pada tahun 332 SM.

Temuan lain yang terpelihara dengan baik dari penggalian adalah Sarkofagus Wanita Menangis, yang seperti Sarkofagus Alexander terus dipajang di Istanbul hingga hari ini.

'Kekhawatiran'

Penggalian Hamdi Bey tidak luput dari perhatian para arkeolog Barat yang prihatin dengan keberhasilan Ottoman, mungkin didorong oleh campuran persaingan profesional, prasangka budaya, dan hilangnya kesempatan untuk memperoleh artefak berharga untuk negara mereka sendiri.

Tidak lama setelah penggalian di Sidon dimulai, salah satu surat kabar Inggris mengungkapkan kekhawatiran bahwa Osman Hamdi Bey dan timnya, yang sebagian besar terdiri dari umat Islam, gagal melaksanakan proyek penting tersebut dengan baik.

Misionaris Inggris William Wright, yang bekerja di sekitar Damaskus pada akhir abad ke-19, mengirim surat ke surat kabar The Times, memohon British Museum untuk campur tangan dan mengklaim bahwa "perusak [Muslim] Turki akan menghancurkan, menghancurkan, atau menjual potongan-potongan itu."



Surat kabar itu mengubah nadanya ketika dihadapkan dengan bukti penggalian sukses Hamdi Bey dan kemudian menyebut Ottoman sebagai "yang mulia".

Bagi orang Turki, pembenaran Hamdi Bey adalah masalah kebanggaan nasional.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1261 seconds (0.1#10.140)