alexametrics

Golongan yang Dinaungi di Hari Kiamat, Hatinya Terpaut dengan Masjid

loading...
Golongan yang Dinaungi di Hari Kiamat, Hatinya Terpaut dengan Masjid
Setelah hampir 1 abad jadi museum, Hagia Shopia hari ini akan menggelar Salat Jumat perdana yang akan dilaporkan langsung SINDOnews dari Istanbul. Foto/Ist
Masjid (مَسْجِد) memiliki keutamaan dan kedudukan yang agung dalam Islam. Selain menjadi rumah ibadah bagi kaum muslimin, masjid merupakan pusat keberkahan. Masjid artinya tempat bersujud dan sebutan lain masjid adalah mushalla, langgar atau surau.

Masjid berasal dari kata "sajada" yang berarti sujud atau tunduk. Selain digunakan sebagai tempat salat dan berdzikir, masjid juga merupakan pusat kegiatan umat muslim seperti perayaan hari besar Islam, kajian agama, belajar Al-Qur'an. Bahkan keberadaan masjid memegang peranan penting dalam aktivitas sosial kemasyarakatan. (Baca Juga: Saksikan Live! Salat Jumat Pertama Hagia Sophia di SINDOnews)

Dalam satu hadis, Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam (SAW) bersabda:

أَحَبُّ الْبِلَادِ إِلَى اللَّهِ مَسَاجِدُهَا وَأَبْغَضُ الْبِلَادِ إِلَى اللَّهِ أَسْوَاقُهَا

"Tempat yang paling dicintai Allah adalah masjid-masjidnya dan yang paling dibenci Allah adalah pasar-pasarnya." (HR. Muslim dari Abu Hurairah RA)



Bahkan Nabi SAW memuji orang yang rajin ke masjid sebagaimana sabda beliau: "Jika kamu melihat orang rajin mendatangi masjid, maka persaksikanlah ia sebagai orang yang beriman." (HR. Ahmad, At-Tirmidzi)

Dalam riwayat lain, orang yang pergi ke masjid pagi atau petang akan memperoleh pahala besar. Rasulullah SAW bersabda:



( من غدا إلى المسجد و راح أعد الله له نزلا من الجنة كلما غدا و راح )

"Barangsiapa pergi pagi hari ke masjid, atau petang hari, akan Allah sediakan untuknya tempat di surga setiap kali dia pergi (pagi atau petang hari)." (HR. Al-Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah RA). (Baca Juga: Inilah Masjid Pertama yang Dibangun di Muka Bumi)

Keutamaan Memakmurkan Masjid
Dalam Al-Qur'an, Allah Ta'ala mengabarkan bahwa sesungguhnya masjid-masjid itu adalah kepunyaan Allah. Maka janganlah kamu menyembah seseorangpun di dalamnya di samping (menyembah) Allah. (QS. Al-Jin: ayat 18)
halaman ke-1 dari 2
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
cover top ayah
يٰۤـاَيُّهَا النَّبِىُّ قُلْ لِّاَزۡوَاجِكَ وَبَنٰتِكَ وَنِسَآءِ الۡمُؤۡمِنِيۡنَ يُدۡنِيۡنَ عَلَيۡهِنَّ مِنۡ جَلَابِيۡبِهِنَّ ؕ ذٰ لِكَ اَدۡنٰٓى اَنۡ يُّعۡرَفۡنَ فَلَا يُؤۡذَيۡنَ ؕ وَكَانَ اللّٰهُ غَفُوۡرًا رَّحِيۡمًا
Wahai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin, “Hendaklah mereka menutupkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenali, sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.

(QS. Al-Ahzab:59)
cover bottom ayah
preload video
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak