Hukum Miqat dari Jeddah bagi Jemaah Haji dan Umrah yang Naik Pesawat Terbang

Selasa, 06 Juni 2023 - 13:45 WIB
loading...
Hukum Miqat dari Jeddah bagi Jemaah Haji dan Umrah yang Naik Pesawat Terbang
Semua jemaah haji, baik yang datang lewat udara, laut maupun darat, adalah ihram di miqat yang mereka lewati berdasarkan sabda Nabi Muhammad SAW. Foto/Ilustrasi: Ist
A A A
Apa hukum orang yang haji dari suatu negara dan kapal terbang landing di bandara Jeddah dan dia baru ihram ketika di Jeddah? Menurut Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz, jika pesawat terbang landing di Jeddah dan orang yang haji dari negeri Syam atau Mesir, maka dia ihram di Rabigh.

"Ia pergi ke Rabigh dengan mobil atau kendaraan lain dan dia ihram dari sana dan tidak dari Jeddah," katanya, dalam buku "Fatwa-Fatwa Haji dan Umrah oleh Ulama-Ulama Besar Saudi Arabia" yang disusun Muhammad bin Abdul Aziz Al-Musnad dan diterjemahkan H Asmuni Solihan Zamakhsyari Lc.

Menurut Syaikh Abdul Aziz, jika seseorang dari Najd dan dia belum ihram hingga turun di Jeddah maka dia pergi ke Al-Syal yaitu Wadi Qarn atau Qarnul Manazil dan ihram dari sana.

"Tapi jika seseorang ihram dari Jeddah dan tidak pada tempat miqat yang telah maklum, maka dia wajib membayar dam satu kambing yang cukup untuk berkurban atau sepertujuh unta atau sapi dan disembelih di Makkah serta disedekahkan untuk orang-orang miskin," jelasnya.



Sementara itu Al-Lajnah Ad-Daimah Lil Ifta dalam buku yang sama menjelaskan yang wajib bagi semua jemaah haji, baik yang datang lewat udara, laut maupun darat, adalah ihram di miqat yang mereka lewati berdasarkan sabda Nabi Muhammad SAW ketika menentukan beberapa tempat miqat.

هُنَّ لَهُنَّ وَلِمَنْ أَتَى عَلَيْهِنَّ مِنْ غَيْرِهِنَّ مِمَّنْ أَرَادَ اَلْحَجَّ وَالْعُمْرَةَ


Tempat-tempat miqat ini bagi penduduk masing-masing dan bagi orang-orang yang melewatinya dari mereka yang bukan penduduknya, yaitu bagi orang-orang yang ingin haji dan umrah.” (Mutafaqun ‘Alaih)

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1131 seconds (0.1#10.140)