Doa setelah Membaca Ayat Sajdah dalam Surah Al-Hajj Ayat 18

Sabtu, 10 Juni 2023 - 11:56 WIB
loading...
Doa setelah Membaca Ayat Sajdah dalam Surah Al-Hajj Ayat 18
Doa setelah membaca ayat sajdah dalam surah Al-Hajj ayat 18. Foto/Ilustrasi: Ist
A A A
Sayid Muhammad bin Muhammad Al-Zabidi dalam kitab "Ithaf Al-Sadah Al-Muttaqin bi Syarh Ihya’ Ulumuddin" menyebutkan doa setelah membaca ayat sajdah dalam surah Al-Hajj ayat 18.

Doa setelah membaca ayat sajdah dalam surah Al-Hajj ayat 18 yang dimaksud adalah sebagai berikut:

سَجَدَ لَكَ اْلخَلْقُ وَاْلخَلِيْقَةُ عُلُوًّا وَسُفْلاً وَبَرًّا وَبَحْرًا وَاْلحَجَرُ وَاْلمَدَرُ وَالدَّوَابُّ وَالشَّجَرُ وَكَثِيْرٌ مِنَ اْلاَدَمِيِّيْنَ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ اْلعَذَابُ. ثُمَّ قُلْتَ: وَمَنْ يُهِنِ اللهُ فَمَالَهُ مِنْ مُكْرِمٍ فَلَكَ اْلحَمْدُ اِذْ اَكْرَمْتَنَا بِالسُّجُوْدِ لَكَ وَلاَ تَجْعَلْنَا مِمَّا اَهَنْتَهُ لَنَا فَمَا لَهُ مِنْ مُكْرِمٍ. ثُمَّ قُلْتَ: اِنَّ اللهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاءُ فَلَكَ اْلحَمْدُ عَلَى مَا بَدَا مِنْ مَشِيْئَتِكَ فِيْنَا وَعَلى الرَّحْمَةِ الَّتِيْ جَرَتْ بِمَشِيْئَتِكَ فِيْنَا وَبِأِكْرَامِكَ اِيَّانَا. اِلَهِيْ فَلاَ تُهِنَّا بَعْدَ مَا اَكْرَمْتَنَا عَلَى تَفْرِيْطِنَا وَقِلَّةِ شُكْرِنَا وَوَفَائِنَا وَجَفْوَتِنَا وَلَا تَسْلُبْنَا خَيْرَمَا اَوْلَيْتَنَا يَا عَظِيْمُ يَا حُسْنَ اْلبَلَايَا يَا كَثِيْرَ النَّعْمَاءِ يَا جَزِيْلَ اْلعَطَاءِ يَا جَلِيْلَ الثَّنَاءِ


Artinya: "Telah bersujud kepada-Mu semua makhluk bagian atas, bawah, darat, laut, batu, tanah, hewan melata, pohon, dan banyak di antara manusia dan banyak di antara yang pantas mendapatkan azab.

Kemudian Engkau berfirman; Barangsiapa yang dihinakan Allah, maka tidak ada seorang pun yang akan memuliakannya. Bagi-Mu segala puji karena Engkau telah memuliakan kami dengan bersujud kepada-Mu, dan jangan Engkau jadikan kami termasuk apa yang Engkau hinakan kepada kami sehingga tidak ada yang dapat memuliakan.

Kemudian Engkau berfirman; Sesungguhnya Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki. Bagi-Mu segala puji atas apa yang telah nyata dari kehendak-Mu pada diri kami, dan atas rahmat yang telah mengalir dengan kehendak-Mu pada diri kami dan dengan memuliakan-Mu kepada kami.

Wahai Tuhanku, jangan Engkau hinakan kami setelah Engkau memuliakan kami atas kelalaian kami, sedikitnya rasa syukur kami, sedikitnya keikhlasan kami, dan keburukan watak kami, dan jangan Engkau rusak kebaikan yang telah Engkau berikan pada kami, wahai Dzat Yang Maha Agung, wahai Dzat Pemberi nikmat yang banyak, wahai Dzat Yang Berlimpah pemberiannya, wahai Dzat Yang Maha Mulai pujiannya."

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1801 seconds (0.1#10.140)