Kisah Jepang Menjadi Rumah bagi 230.000 Muslim

Sabtu, 01 Juli 2023 - 06:56 WIB
loading...
A A A
"Jepang adalah masyarakat meritokratis dan kerja keras membuahkan hasil. Tidak ada rasisme lahiriah di sana terhadap Muslim atau Arab, meskipun dalam film Jepang, orang Arab sering ditampilkan sebagai 'orang kaya', sebagai pemboros besar yang dermawan tetapi sangat dangkal dengan mentalitas naif."

Shokeir mengatakan bahwa dalam pengalamannya, “orang Jepang pada dasarnya tidak kasar (tetapi) beberapa memiliki mentalitas rasis mereka sendiri, menganggap diri mereka berada di puncak piramida di Asia, seperti yang dilakukan orang Inggris di Eropa.

"Anda harus ingat Jepang menjajah China, Malaysia, Filipina, mereka semua pernah menjadi koloni Jepang. Tapi tidak seperti penjajah barat, mereka tidak menunjukkan rasisme."



Sushi Halal

Sebagai tanda bahwa negara sedang beradaptasi dengan pertumbuhan pariwisata Muslim dan komunitas Muslim domestiknya, sekarang ada hampir 800 restoran ramah halal yang menyajikan hidangan yang memiliki daging bersertifikat halal, atau bebas babi dan alkohol.

Tapi Shokeir ingat satu-satunya tempat daging halal yang tersedia di awal tahun 80-an adalah dari tukang daging Pakistan di Tokyo yang menjual daging dalam jumlah terbatas kepada komunitas Muslim.

“Ada orang lain yang membeli ternaknya sendiri dan menyembelih kurbannya sendiri, tetapi mereka menjualnya kepada umat Islam lain baik di masjid atau bisa dipesan."

"Dulu ada beberapa restoran Arab, tapi tidak ada yang mengaku menyajikan daging halal. Saya hanya memilih makanan laut, yang mudah dilakukan, dan menghindari produk babi."

Shokeir dan beberapa orang lainnya tahu apa itu huruf Jepang untuk babi atau "bantu" dalam aksara kanji dan mencetaknya untuk diedarkan di kalangan komunitas Muslim, sehingga yang lain dapat menghindari makanan yang mengandung babi, bahan populer dalam masakan Jepang.

"Jepang telah berkembang pesat, dan berkembang serta beradaptasi dengan masyarakat yang tinggal di sana. Itu membuat saya mempertimbangkan kembali untuk kembali ke sana untuk pensiun."

Madung setuju. Dia memperhatikan pertumbuhan pesat dalam memenuhi kebutuhan Muslim dalam dekade terakhir saat dia tinggal di pedesaan.

“Pemerintah Jepang bahkan sektor swasta telah melakukan banyak upaya untuk mengakomodasi umat Islam di Jepang. Ketika saya datang 10 tahun yang lalu, saya sempat khawatir karena hanya ada beberapa restoran halal, namun sekarang makanan halal mudah ditemukan, bahkan di supermarket besar seperti Gyomu Supa sekarang Anda bisa membeli produk halal."

Dan meskipun dia menikmati "keamanan dan kenyamanan" yang katanya ditawarkan Jepang, dia tidak berencana untuk menetap di sana.

"Saya hanya akan menikah dengan pria Jepang jika dia bersedia kembali tinggal di Malaysia bersama saya."



Persamaan dan perbedaan

Bagi Shokeir, pernikahan lintas budayanya berhasil, dan dia mengatakan ada kesamaan antara budaya Arab dan Jepang, tetapi Anda harus mencarinya. “Menurutku yang utama adalah nilai keluarga, dan menghormati yang lebih tua.”

Salah satu perbedaan antara budaya yang diperhatikan Shokeir di awal pernikahannya yang berusia 33 tahun adalah ketika pasangan yang baru menikah itu mengundang beberapa teman.

“Di Jepang orang tidak sering mengundang orang lain ke rumah mereka karena rumahnya cukup kecil, tapi kami melakukannya dan Yoko membuat beberapa makanan dan para tamu memakan makanannya, dan makanan selesai.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2514 seconds (0.1#10.140)