Lakukan Amalan Ini Agar Setan Tidak Bersemayam di Dalam Rumah

Selasa, 04 Juli 2023 - 14:33 WIB
loading...
Lakukan Amalan Ini Agar Setan Tidak Bersemayam di Dalam Rumah
Ada amalan yang diajarkan Rasulullah SAW agar setan tidak bisa masuk dan bersemanyam di dalam rumah, salah satunya selalu mengucapkan salam ketika akan masuk ke dalam rumah. Foto ilustrasi/ist
A A A
Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memberikan kiat rahasia kepada umatnya agar setan tidak ikut bermalam di rumah mereka. Sebaliknya, jika petuah mulia ini dilanggar, setan akan masuk dan bermalam di rumah-rumahnya.

“Apabila seseorang memasuki rumahnya, kemudian berdzikir ketika masuk dan makan, maka berkatalah setan, “(Hai teman-teman), tiada tempat bagi kita untuk bermalam dan (jatah untuk) makan.”

Sebaliknya, sebagaimana disebutkan dalam kelanjutan hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Jabir bin ‘Abdillah ini, Rasulullah Shallalahu ‘Alaihi wa Sallam melanjutkan, “Dan jika seorang memasuki rumahnya tanpa berzikir saat masuk, setan berkata, ‘Telah tersedia tempat bermalam bagimu.’ Ketika masuk waktu malam dan ia tetap tidak berzikir, setan berkata (kepada teman-temannya), ‘Telah tersedia bagi kita tempat bermalam dan (jatah) makan malam’.”

Maka amalan yang harus dilakukan agar setan tidak masuk dan menginap di dalam rumah ini adalah:

1. Selalu mengucap salam
2. Membaca zikir-zikir yang disunnahkan, seperti :
- Bacaan Ayat Kursi (ayat 255 surat al-Baqarah),
- Dua ayat terakhir surat al-Baqarah
- Surat Al Ikhlas, Al Falaq, An Nas, dan sebagainya.

Kalimat-kalimat mulia itulah yang akan melindungi rumah-rumah kita dari setan dan bala tentaranya. Jika rutin dibacakan, maka rumah akan terasa layaknya masjid yang nyaman, menenangkan, dan menghadirkan damai.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1450 seconds (0.1#10.140)