Tata Cara Salat Seorang Difabel Sesuai Ajaran Islam

Senin, 10 Juli 2023 - 14:40 WIB
loading...
Tata Cara Salat Seorang Difabel Sesuai Ajaran Islam
Tata cara salat seorang difabel, ketika dia tidak mampu melaksanakan dengan sempurna, dia bisa melaksanakannya semampunya. Foto/Ilustrasi: Ist
A A A
Tata cara salat seorang difabel, ketika dia tidak mampu melaksanakan dengan sempurna, dia bisa melaksanakannya semampunya. Allah SWT memberikan kemudahan bagi umat manusia dalam beribadah.

Allah berfirman:

فَاتَّقُوا اللَّهَ مَا اسْتَطَعْتُمْ


ArtinyaL Bertakwalah kepada Allah semampu kalian ( QS at-Taghabun : 16)

Oleh karena itu, Rasulullah SAW mengizinkan seseorang untuk salat semampunya. Sahabat Imran bin Hushain ra terkena penyakit wasir, sehingga menyulitkan beliau untuk salat dengan sempurna. Rasulullah SAW bersabda kepada beliau:

صَلِّ قَائِمًا، فَإِنْ لَمْ تَسْتَطِعْ فَقَاعِدًا، فَإِنْ لَمْ تَسْتَطِعْ فَعَلَى جَنْبٍ


Salatlah sambil berdiri, jika kamu tidak mampu sambil duduk, dan jika kamu tidak mampu, sambil berbaring miring.” (HR Bukhari 1117, Abu Daud 952, dan yang lainnya).



Allah sama sekali tidak menghendaki kesulitan bagi para hamba-Nya. Allah berfirman:

مَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُمْ مِنْ حَرَجٍ وَلَكِنْ يُرِيدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ


Artinya: Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur. ( QS al-Maidah : 6)

Allah juga berfirman:

وَمَا جَعَلَ عَلَيْكُمْ فِي الدِّينِ مِنْ حَرَجٍ مِلَّةَ أَبِيكُمْ إِبْرَاهِيمَ


Artinya: Dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam agama suatu kesempitan. (Ikutilah) agama orang tuamu Ibrahim. ( QS al-Hajj : 78)

Allah juga menegaskan bahwa Dia tidak membebani jiwa manusia di luar batas kemampuannya,

لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ


Artinya: Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. ( QS al-Baqarah : 286)



Allah SWT memberi keringanan, bagi mereka yang memiliki kekurangan secara fisik, sehingga tidak bisa melakukan kewajiban yang dikerjakan oleh kaum muslimin lainnya.

Ketika orang-orang munafik yang sehat fisik meminta izin kepada Nabi SAW untuk tidak ikut jihad, Rasulullah SAW membiarkan dan tidak mempedulikan mereka. Dan hakikatnya itu celaan bagi mereka. Allah menyindir mereka habis-habisan dalam Al-Qur'an. Allah sebut mereka layaknya orang banci, para pengecut.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1445 seconds (0.1#10.140)