Cendekiawan Islam Turki Ini Bilang Sufisme Adalah Arkeologi Islam yang Mendalam

Selasa, 11 Juli 2023 - 15:52 WIB
loading...
Cendekiawan Islam Turki Ini Bilang Sufisme Adalah Arkeologi Islam yang Mendalam
Prof Dr Mahmud Erol Kilic. Foto/Ilustrasi: ist
A A A
Cendekiawan Islam Turki dan peneliti Sufi, Prof Dr Mahmud Erol Kilic mengatakan sufisme adalah arkeologi mendalam dari agama Islam. Ini adalah upaya para sufi untuk memahami, menginternalisasi dan secara aktif menghayati inti dari tradisi Islam.

Untuk tujuan ini, para mistikus menggunakan metafora buah kenari: ritual eksternal dan ajaran agama seperti cangkang yang melindungi kacang di dalamnya, tetapi cangkang itu pada gilirannya memperoleh keberadaannya dari inti kacang. Dengan kata lain: mereka yang hanya berpegang teguh pada cangkang dan tidak menembus ke inti dalam kehilangan intinya.

Dengan demikian para sufi mengutamakan kebenaran batiniah, tetapi tanpa mengabaikan tatanan lahiriah. Semua praktik Sufi pada akhirnya dimaksudkan untuk melayani tujuan mendekatkan diri kepada Tuhan di dalam diri. Sebuah hadis terkenal menyatakan: "Barangsiapa mengenal dirinya sendiri, mengenal Tuhannya."



Pemerhati Tasawuf, Marian Brehmer dalam artikelnya berjudul "Understanding the Sufis" sebagaimana dilansir Qantara.de mengatakan bagi para sufi, akar spiritual dari tradisi mereka terletak pada Nabi Muhammad sendiri.

Orang mungkin mengatakan bahwa dia – dalam perannya sebagai pembimbing spiritual – sufi pertama. Hanya saja, pada saat itu tidak perlu memberi nama tersendiri pada tradisi batin Islam, karena itu satu-satunya tradisi yang ada. "Tidak berbeda dengan orang-orang Kristen awal di sekitar Yesus, sahabat membentuk komunitas Islam pertama, semacam ordo Sufi prototipikal," jelasnya.

Wafatnya Nabi Muhammad diikuti oleh dilusi, pelecehan, permainan kekuasaan, dan perpecahan – seperti yang terjadi dari waktu ke waktu di semua agama dan gerakan spiritual – yang mengarah pada jarak dari pesan spiritual dan praktik Islam. Mereka yang ingin fokus pada dimensi batin Islam dari waktu ke waktu diberi nama "Sufi" untuk membedakan mereka dari gerakan lain.

Marian Brehmer menyebut kata "Sufi" berasal dari bahasa Arab suf (wol), karena pertapa Islam pertama mengenakan jubah wol.

Namun, istilah "Sufi" tetap ambigu, bahkan dalam sumber-sumber Muslim, kadang-kadang digunakan dalam arti positif dan dalam kasus lain dalam arti negatif.

Di satu sisi, tasawuf digambarkan sebagai jalan ideal untuk perbaikan diri secara spiritual dan etis; di sisi lain, ia dikecam karena pemalsuan ajaran Islam, ekses, dan penyalahgunaan kekuasaan (dan memang, kecenderungan seperti itu selalu ada).



Dalam tulisan-tulisan Hafez, misalnya, kata "Sufi" jelas berkonotasi negatif. Penyair nasional Persia secara khusus mencela orang-orang sezaman tertentu yang berpakaian seperti sufi dan tampak saleh, tetapi perilakunya sebenarnya jauh dari cita-cita spiritual.

Saat ini, upaya terus dilakukan untuk menggambarkan tasawuf sebagai sesuatu yang terpisah dari Islam. Kecenderungan ini pertama kali mengemuka dalam beberapa dekade terakhir dalam penelitian Barat yang mencoba menjelaskan tasawuf sebagai sesuatu yang dipinjam dari tradisi spiritual lainnya. Meskipun pertukaran yang hidup pasti terjadi antara tradisi mistik - misalnya selama zaman keemasan Al-Andalus - penjelasannya gagal.

Kesejajaran yang pasti ada di antara para mistikus dari berbagai agama tidak menunjukkan bahwa mereka menyalin sesuatu dari yang lain, melainkan menunjukkan adanya pengejaran inheren manusia yang telah menemukan ekspresi dengan cara yang berbeda di tempat yang berbeda.

Mereka yang menggali lebih dalam tradisi Islam dan mempelajari sumber-sumber tekstual Sufi akan menyadari bahwa dasar-dasar tasawuf terletak pada Al-Quran dan ucapan-ucapan Nabi Muhammad .

Kesan bahwa tasawuf tidak ada hubungannya dengan Islam juga berasal dari citra Islam yang mengakar dan sepihak tentang Islam sebagai "agama pedang". Tapi bagaimana mungkin sebuah agama kekerasan, bahkan yang diutus oleh setan – seperti yang sudah lama dianggap Gereja sebagai Islam – telah menghasilkan, misalnya, keindahan dan toleransi puisi Sufi Rumi?

Perspektif serupa dapat dilihat dalam diskusi modern kita tentang Islam. Mereka yang citra Islamnya terutama dibentuk oleh berita terorisme dan fundamentalisme terkejut mengetahui bahwa budaya Sufi dan Islam saling terkait.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1857 seconds (0.1#10.140)