Doa Agar Diberi Kecerdasan dengan Membaca Surah Luqman Ayat 27-28

Kamis, 20 Juli 2023 - 04:16 WIB
loading...
Doa Agar Diberi Kecerdasan dengan Membaca Surah Luqman Ayat 27-28
Surat Luqman ayat 27-28 bisa menjadi doa agar diberi kecerdasan. Ilustrasi: Masyudi
A A A
Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam dalam bukunya berjudul "Khazanah Al-Asrar" memaparkan manfaat dari ayat Al-Quran untuk penyembuhan berbagai penyakit.

Surat Luqman ayat 27-28, misalnya, bisa menjadi doa agar diberi kecerdasan. Selain belajar dengan giat, memohon anugerah kepada Allah agar diberi kecerdasan, kepandaian dan pengetahuan adalah sesuatu hal yang wajib dilakukan oleh orang yang beriman. Hal itu menunjukkan adab kita sebagai seseorang makhluk yang lemah dan tiada berkuasa apa-apa, kecuali dengan pertolongan dari-Nya.



Adapun salah satu doa yang tepat untuk memohon kecerdasan dari Allah, adalah dengan membaca Surat Luqman ayat 27-28 sebagai berikut:

وَلَوْ أَنَّمَا فِى ٱلْأَرْضِ مِن شَجَرَةٍ أَقْلَٰمٌ وَٱلْبَحْرُ يَمُدُّهُۥ مِنۢ بَعْدِهِۦ سَبْعَةُ أَبْحُرٍ مَّا نَفِدَتْ كَلِمَٰتُ ٱللَّهِ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ عَزِيزٌ حَكِيمٌ

Walau anna mā fil-arḍi min syajaratin aqlāmuw wal-baḥru yamudduhụ mim ba'dihī sab'atu ab-ḥurim mā nafidat kalimātullāh, innallāha 'azīzun ḥakīm

مَّا خَلْقُكُمْ وَلَا بَعْثُكُمْ إِلَّا كَنَفْسٍ وَٰحِدَةٍ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ سَمِيعٌۢ بَصِيرٌ

Mā khalqukum wa lā ba'ṡukum illā kanafsiw wāḥidah, innallāha samī'um baṣīr

Artinya:
27. Dan seandainya pohon-pohon di bumi menjadi pena dan laut (menjadi tinta), ditambahkan kepadanya tujuh laut (lagi) sesudah (kering)nya, niscaya tidak akan habis-habisnya (dituliskan) kalimat Allah. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

28. Tidaklah Allah menciptakan dan membangkitkan kamu (dari dalam kubur) itu melainkan hanyalah seperti (menciptakan dan membangkitkan) satu jiwa saja. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1285 seconds (0.1#10.140)