Bacaan Selawat Nuridzati, Beserta Keutamaan Mengamalkannya

Jum'at, 21 Juli 2023 - 17:42 WIB
loading...
Bacaan Selawat Nuridzati, Beserta Keutamaan Mengamalkannya
Membaca selawat Nuridzati yang ditujukan bagi Nabi Muhammad SAW dimaksudkan untuk meminta berkah dan memohon keselamatan dari Allah SWT. Foto ilustrasi/ist
A A A
Bacaan selawat Nuridzati merupakan salah satu bentuk selawat yang dipercaya memiliki sejumlah keistimewaan sendiri. Membaca selawat yang ditujukan bagi Nabi Muhammad SAW dimaksudkan untuk meminta berkah dan memohon keselamatan dari Allah SWT.

Bahkan selawat merupakan ibadah mulia, Allah SWT dan para malaikat-Nya juga menghaturkan selawat kepada Nabi SAW sebagaimana firman-Nya:

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا


Artinya: "Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya berselawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya." (QS. Al Ahzab: 56)

Dalam Tafsir Ibnu Katsir dijelaskan yang dimaksud dengan selawat dari Allah ialah pujian-Nya kepada Nabi SAW di kalangan para malaikat, dan selawat dari para malaikat ialah doa mereka untuk Nabi SAW.

Bacaan Selawat Nuridzati

Kembali tentang Selawat Nuridzati, mungkin banyak umat muslim yang jarang mengetahuinya karena jarang disebut. Karena itulah banyak juga yang belum mengetahui bacaannya. Dilansir dari laman Pustaka Ilmu Sunni Salafiyah KTB, Selawat Nuridzati merupakan karya Sayyidi Abil Hasan As Syadzili.

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ النُّورِ الذَّاتِي وَالسِّرِّ السَّارِي فِي سَائِرِ الأَسْمَاءِ وَالصِّفَاتِ


"Allahumma sholli wasallim wabaarik alaa sayyidinaa Muhammadinin nuurid dzaati was sirris saari fii saairil asmaai was sifaati"

Artinya: Ya Allah berikanlah rahmat keselamatan dan berkah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW merupakan cahaya Dzat (Allah) dan merupakan rahasia yang mengalir pada seluruh nama dan semua sifat".

Keutamaan Selawat Nuridzati

Keutamaan ini disebutkan oleh Sayyidi Ahmad as Showi berkata selawat nuridzati ini pahalanya sebanding dengan 1.000 selawat, hitungannya 500 kali utk memudahkan kesulitan-kesulitan.

Ibnu Abidin menuturkan dalam kitab tsabatnya, menukil dari kitab tsabatnya as syarobati kemudian berkata caranya baca selawat yang agung.

"Saya mendapatkannya dari syaikhuna al arif billah sayyid ahmad al baghdadi al qodiri dan beliau menisbatkannya kepada sebagian ulama' ahli ma'rifat.
Cara bacanya yaitu : 'allahumma sholli alaa sayyidinaa muhammadinin nurid dzati as saari fii jami'il atsaar wal asma' was sifat wa alaa alihi wasohbihi wasallim "

Sayyidi syeh ahmad al malawi memberikan faedah dalam kitab selawatnya bahwa sholawat ini milik imam as syadzili selawat ini pahalanya sebanding dengan 100.000 selawat dan faedahnya utk memecahkan kesulitan-kesulitan, tetapi dengan tambahan dan pengurangan sebagaimana terdahulu.


Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1356 seconds (0.1#10.140)