Mr West End Akhirnya Dapat Izin Mengubah Tempat Hiburan di London Ini Menjadi Masjid

Rabu, 26 Juli 2023 - 18:44 WIB
loading...
Mr West End Akhirnya Dapat Izin Mengubah Tempat Hiburan di London Ini Menjadi Masjid
Asif Aziz dan Trocadero. Foto/Ilustrasi: news.com.au
A A A
Seorang miliarder Muslim berjuluk 'Mr West End' telah mendapatkan izin untuk mengubah landmark utama London yang sebelumnya sebagai tempat hiburan menjadi masjid .

The Daily Mail melaporkan, Asif Aziz, 56, si tajir taipan properti itu mengambil alih Trocadero di pusat ibu kota. Trocadero, yang terletak di antara Picadilly Circus dan Soho, pertama kali dibuka pada tahun 1896 sebagai restoran - tetapi ditutup pada tahun 1965.

Bangunan ini dibuka kembali pada tahun 1984 sebagai ruang pameran dan hiburan termasuk gedung bioskop. Pada 2020 diubah menjadi hotel.

Asif Aziz membeli Trocadero seharga lebih dari £220 juta atau US$363 juta pada tahun 2005. Asif Aziz melalui yayasannya akan mengubah tempat itu sebagai masjid dan Islamic Center tiga lantai.



Masjid dan Islamic Center ini direnakan berkapasitas 390 orang jemaah. Lokasi yang digunakan adalah ruang kosong bekas gedung bioskop Metro yang ditutup pada tahun 2006.

Pada mulanya ia mengajukan proposal untuk masjid dengan kapasitas 1.000 jemaah namun diubah lebih kecil setelah pada tahun 2020 mendapat reaksi keras dari warga serta kelompok sayap kanan.

Pembangunan masjid yang lebih kecil disetujui pemerintah setempat, Dewan Westminster, pada akhir Mei.

Masjid ini nantinya akan melayani Muslim yang bekerja di daerah tersebut, serta mereka yang mengunjungi London sebagai turis.

Asif Aziz adalah pendiri grup properti Criterion Caption, yang memiliki sebagian besar West End London.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1598 seconds (0.1#10.140)