Kisah Sinead O'Connor Memiliki 3 Nama setelah Menjadi Muslimah

Kamis, 27 Juli 2023 - 18:32 WIB
loading...
Kisah Sinead OConnor Memiliki 3 Nama setelah Menjadi Muslimah
Sinead OConnor saat tampil di Royal Festival Hall pada 10 Desember 2013 di London. (Aljazeera)
A A A
Penyanyi-penulis lagu Irlandia, Sinead O'Connor meninggal pada usia 56 tahun. “Dengan sangat sedih kami mengumumkan meninggalnya Sinead yang kami cintai. Keluarga dan teman-temannya sangat terpukul," kata keluarga penyanyi itu dalam sebuah pernyataan sebagaimana dilansir Aljazeera, hari ini, Kamis 27 Juli 2023.

Tidak diungkapkan penyebab kematian penyanyi berbakat yang menjadi superstar di usia pertengahan 20-an itu. Sinead dikenal karena perjuangan dan aktivisme pribadinya serta musiknya yang garang dan ekspresif.

Pada 2018 O'Connor masuk Islam dan mengadopsi nama Shuhada 'Davitt, kemudian Shuhada Sadaqat — meskipun dia terus menggunakan Sinead O'Connor secara profesional.
Kisah Sinead O'Connor Memiliki 3 Nama setelah Menjadi Muslimah



Pada saat ia mencapai sukses di dunia tarik suara, ia selalu tampil dengan kepala plontos dan dikenali dengan mezzo-soprano multi-oktaf dengan jangkauan emosional yang luar biasa.

O'Connor memulai karirnya sebagai penyanyi di jalanan Dublin, kemudian namanua meroket di kancah penyanyi internasional.

Dia adalah bintang dari album debutnya tahun 1987, The Lion and the Cobra. Menjadi sensasi pada tahun 1990 dengan sampul balada Prince "Nothing Compares 2 U", sebuah pertunjukan yang menduduki puncak tangga lagu dari Eropa hingga Australia.

"Nothing Compares 2 U" menerima tiga nominasi Grammy dan menjadi lagu unggulan di albumnya yang terkenal, I Do Not Want What I Haven't Got, yang membantu Rolling Stone menamai Artist of the Year pada tahun 1991.

Kredit musik O'Connor lainnya termasuk album, Universal Mother and Faith and Courage, cover dari "You Do Something to Me" milik Cole Porter, dari album penggalangan dana AIDS Red Hot + Blue, dan vokal latar pada "Blood of Eden" milik Peter Gabriel. Dia menerima delapan nominasi Grammy dan pada tahun 1991 menang untuk penampilan musikal alternatif terbaik.
Kisah Sinead O'Connor Memiliki 3 Nama setelah Menjadi Muslimah

Dia adalah seorang nonkonformis seumur hidup. Dia mengatakan bahwa dia mencukur kepalanya sebagai tanggapan terhadap eksekutif rekaman yang menekannya untuk menjadi glamor secara konvensional.



Ia adalah kritikus Gereja Katolik Roma jauh sebelum tuduhan pelecehan seksual dilaporkan secara luas. O'Connor menjadi berita utama pada bulan Oktober 1992 ketika dia merobek foto Paus Yohanes Paulus II saat tampil di Saturday Night Live NBC dan mencela gereja sebagai musuh.

O'Connor mengumumkan dia pensiun dari musik pada tahun 2003, tetapi terus merekam album baru. Album terbarunya adalah I'm Not Bossy, I'm the Boss, dirilis pada tahun 2014, dan dia menyanyikan lagu tema untuk Season 7 of Outlander.
(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2118 seconds (0.1#10.140)