Kisah Anas Altikriti, Aktivis Inggris yang Dimasukkan dalam Daftar Teroris

Sabtu, 05 Agustus 2023 - 20:49 WIB
loading...
Kisah Anas Altikriti, Aktivis Inggris yang Dimasukkan dalam Daftar Teroris
Dr. Anas Alikriti Pendiri The Cordoba Foundation. Foto/Ilustrasi: Daily Sabah
A A A
Dr Anas Altikriti adalah CEO dan Pendiri The Cordoba Foundation, sebuah yayasan yang menjembatani kesenjangan pemahaman antara Dunia Muslim dan Barat.

Lelaki kelahiran Irak, 9 September 1968, dan tinggal di London ini juga seorang negosiator sandera. Ia tercatat sukses merundingkan pembebasan 18 sandera dari berbagai zona konflik di seluruh dunia, setidaknya antara November 2005 hingga Oktober 2015.

Yayasan Cordoba (TCF) menjadi sorotan karena hubungannya dengan Ikhwanul Muslimin dan Hamas . Pada tahun 2009 David Cameron, pemimpin oposisi saat itu, menuduh bahwa TCF adalah front untuk Ikhwanul Muslimin.

Pada akhir 2014 Uni Emirat Arab memasukkan Yayasan Cordoba dalam daftar kelompok teroris, bersama dengan lebih dari 75 organisasi Muslim internasional lainnya yang beroperasi di berbagai bidang.

Pemerintah Inggris membuka penyelidikannya sendiri terhadap Ikhwanul Muslimin. Setelah penundaan yang lama, laporan tersebut menyimpulkan bahwa Ikhwanul Muslimin tidak boleh diklasifikasikan sebagai organisasi teroris di Inggris.



Berikut ini kisah Anas Altikriti ketika sejumlah rekeningnya di bank diblokir disusul teror surat dari bank-bank tersebut. Hal ini dikisahkan Anas Altikriti dalam tulisannya berjudul "Nigel Farage row: As a Muslim who's had accounts closed, can I expect the same response?" yang dilansir Middle East Eye (MEE), 1 Agustus 2023.

Rekening Dibekukan

Sembilan tahun yang lalu, hidup saya dipengaruhi oleh beberapa surat yang jatuh ke keset saya.

Tiba-tiba dan tanpa peringatan apa pun, HSBC membekukan rekening bank saya atas nama pribadi maupun bisnis. Padahal bank ini telah saya pilih sebagai bank pribadi sejak Agustus 1985 saat saya berusia 16 tahun, sebagai siswa A-level. Pembekuan rekening saya itu tanpa penjelasan penyebabnya.

Surat-surat lain ditujukan kepada istri dan putra-putra saya, yang kala itu baru berusia 15 dan 12 tahun.

Nada surat-surat itu tak kenal ampun. Saya tidak boleh menanyakan alasan di balik keputusan tersebut. Mereka juga memberitahu saya bahwa saya tidak akan bisa membuka rekening apa pun di HSBC atau bank rekanan mereka di masa mendatang.

HSBC tidak memberi penjelasan apa pun terkait tindakan mereka.
Realitasnya, kala itu saya memang sedang menghadapi kampanye dari musuh politik - termasuk yang bersekutu dengan banyak rezim otoriter di Timur Tengah yang saya lawan dengan keras dan kritik tanpa henti - yang memanfaatkan kesempatan ini untuk mempertanyakan reputasi dan integritas saya.



Salah satu dari mereka berkomentar di radio BBC bahwa biasanya bank menutup rekening teroris, pengedar narkoba atau pencuci uang. Di sisi lain, saya tidak dicurigai melakukan kejahatan tersebut.

Setelah HSBC, rekening saya juga ditutup oleh sejumlah bank kelas atas, termasuk NatWest, Royal Bank of Scotland, Lloyds dan Santander, dan aplikasi yang tak terhitung jumlahnya untuk rekening pribadi dan bisnis ditolak.

Saat kami berbicara, Bank online Wise mengklaim untuk terus "memverifikasi" detail saya meskipun telah mengajukan akun pada bulan Mei.

Kekuatan Tidak Terkendali

Fasilitas perbankan merupakan bagian penting dalam kehidupan. Tanpa rekening bank, pekerjaan, menerima upah, membayar tagihan, membayar pajak, bepergian, menyewa atau membeli properti dan banyak aktivitas sehari-hari lainnya menjadi mustahil.

Dengan demikian, memiliki rekening bank sama pentingnya dengan memiliki persediaan air atau listrik. Itu adalah kebutuhan dasar - dan menyangkalnya kepada siapa pun merupakan pelanggaran hak asasi manusia.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2917 seconds (0.1#10.140)