Ketika Negara Mullah Secara Bertahap Menjadi Masyarakat Pasca-Islam

Kamis, 10 Agustus 2023 - 11:19 WIB
loading...
Ketika Negara Mullah Secara Bertahap Menjadi Masyarakat Pasca-Islam
Protes massal di Iran menyusul pembunuhan Jina Mahsa Amini. Foto/Ilustrasi: Qantara
A A A
Tiga buku baru saja diterbitkan untuk menandai protes massal di Iran menyusul pembunuhan Jina Mahsa Amini . Para penulis setuju dengan suara bulat bahwa ini adalah proses revolusi dan tidak ada jalan mundur.

Mereka menawarkan pandangan orang dalam tentang Iran dari sejumlah perspektif. Salah satu buku itu ditulis Katajun Amirpur.



Sekadar mengingatkan, Jina Mahsa Amini meninggal di sebuah rumah sakit di Teheran, Iran, dalam keadaan yang mencurigakan. Patroli Bimbingan, polisi moral agama pemerintah Iran, menangkap Amini karena tidak mengenakan hijab sesuai dengan standar pemerintah yakni terlalu longgar sehingga memperlihatkan sebagian rambutnya.

Polisi, setelah memindahkannya ke rumah sakit, mengatakan dia mengalami serangan jantung di kantor polisi, pingsan, dan koma. Saksi mata, termasuk wanita yang ditahan bersama Amini, mengatakan dia dipukuli habis-habisan, dan dia meninggal akibat kebrutalan polisi. Pernyataan ini, selain scan medis yang bocor, membuat pengamat independen percaya bahwa Amini mengalami pendarahan otak atau stroke.

Kematian Amini mengakibatkan serangkaian unjuk rasa, yang digambarkan oleh CNN sebagai lebih luas daripada unjuk rasa 2009, 2017, dan 2019. The New York Times menyebut sebagai unjuk rasa Iran terbesar setidaknya sejak 2009.

Beberapa demonstran perempuan melepas hijab mereka atau memotong rambut mereka di depan umum sebagai aksi protes. Hingga 12 Oktober 2022, Hak Asasi Manusia Iran melaporkan setidaknya 201 pengunjuk rasa telah tewas oleh pasukan keamanan yang menghadapi unjuk rasa di seluruh negeri.

Amnesty International melaporkan bahwa pasukan keamanan Iran, dalam beberapa kasus, menembaki kelompok-kelompok dengan peluru tajam, dan dalam kasus lain membunuh pengunjuk rasa dengan memukuli mereka dengan tongkat.



Ketika Negara Mullah Secara Bertahap Menjadi Masyarakat Pasca-Islam

Penyebab Ketidakpuasan

Pada intinya, buku karya Katajun Amirpur yang berjudul "Iran Ohne Islam" – der Aufstand gegen den Gottesstaat (Eng.: 'Iran without Islam – Rebelling against Theocracy') bukanlah tentang gelombang protes terbaru, melainkan meneliti apa yang menyebabkan ketidakpuasan masyarakat terhadap Republik Islam.

Dia mengamati sesuatu yang mungkin mengejutkan mereka yang tidak memiliki pengalaman langsung dengan Iran, yaitu fakta bahwa dalam beberapa dekade terakhir "negara mullah" secara bertahap menjadi masyarakat pasca-Islam. Istilah ini dipinjam dari sarjana Persia Asef Bayat.

Semboyan kaum Islamis, "Islam adalah solusi", katanya, telah diputarbalikkan di Iran: Islam sekarang menjadi bagian dari masalah – atau, setidaknya, Islam sebagai doktrin negara penuntun seperti yang dipahami oleh pemerintah Iran.

Satu anekdot di awal mengilustrasikan ketidakpuasan yang telah berlangsung lama namun juga keberanian orang Iran dan kebebasan yang telah mereka ukir untuk diri mereka sendiri.

Amirpur menulis tentang kunjungan pertamanya di negara itu pada tahun 1991, bertahun-tahun setelah masa kanak-kanak yang dihabiskannya di Iran. Saat itu, seorang wanita mengungkapkan ketidaksenangannya dengan politik Iran di atas suaranya dan telah menghina presiden saat itu, Ali Akbar Hashemi Rafsanjani, dengan mengatakan dia harus melepas sorbannya dan memakai "sesuatu yang masuk akal" sebagai gantinya.



Tidak ada konsekuensi; dia mengatakan apa yang dipikirkan banyak orang. Peninjau sendiri menyaksikan pemandangan serupa dalam kunjungan ke Iran pada tahun 2005: dia baru saja tiba di bekas kedutaan Amerika dan sekarang situs propaganda ketika beberapa orang yang lewat segera bergegas untuk memperingatkannya agar tidak peduli dengan propaganda bodoh rezim mana pun.

Tetapi bahkan jika hari ini lebih merupakan masalah menggulingkan sistem saat ini daripada mengubahnya, Amirpur menjelaskan bahwa perdebatan dan kritik terhadap sistem yang berasal dari kubu agama sangatlah penting.

Ini termasuk contoh-contoh di pihak Syiah, seperti dari Grand Ayatollah Montazeri, penerus Khomeini yang pernah digulingkan, atau cendekiawan seperti Abdolkarim Soroush dan Hassan Eshkevari.

Amirpur ingat seberapa jauh tuntutan mereka berjalan dan seberapa tinggi harga yang harus dibayar beberapa dari mereka: setelah Konferensi Berlin tahun 2000 yang terkenal, Eshkevari, seorang ulama, didakwa dengan "moharebe" (menyatakan perang terhadap Tuhan) – tindak pidana yang sama yang dilakukan oleh pemerintah mengeksekusi pengunjuk rasa hari ini.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1679 seconds (0.1#10.140)