Ketika Negara Mullah Secara Bertahap Menjadi Masyarakat Pasca-Islam

Kamis, 10 Agustus 2023 - 11:19 WIB
loading...
A A A


Mohammad Khatami

Era Khatami (1997-2005), di mana para kritikus ini muncul, mendapat perhatian khusus dalam buku Amirpur. Amirpur masih menganggap ini sebagai kesempatan yang terlewatkan karena Khatami dan banyak sekutunya ingin membuka Iran secara permanen dan mengakhiri pelanggaran sistematis atas hak dan kebebasan.

Namun, Khatami sebagian besar diisolasi di AS dan di Eropa, karena dia adalah wakil dari "negara mullah". Di masa lalu, klaim Amirpur, sanksi AS yang berjangkauan jauh merusak masyarakat sipil, sementara hampir tidak menyentuh rezim.

Sejarawan Rene Wildangel, mengomentari hal itu sebagaimana dilansir Qantara, mengatakan pengamatan Amirpur ini tetap penting hari ini di tengah seruan terus-menerus untuk "tekanan maksimum" pada pemerintah Iran, meskipun jarang ada upaya untuk menjelaskan dengan tepat apa artinya itu.

"Itu benar-benar bisa berhasil, adalah kesimpulan singkat Amirpur tentang gerakan revolusioner yang sedang berkembang yang muncul dari ketidakpuasan yang mengakar, yang melampaui identitas etnis atau agama," ujarnya.

Menurut Rene Wildangel, pengamatan yang lebih luas mungkin lebih disukai di samping analisis Amirpur yang mencerahkan tentang asal-usul protes, menjelaskan apa yang mungkin dibutuhkan revolusi untuk berhasil sekarang dan seperti apa masa depan yang berbeda dan lebih baik di Iran "pasca-Islam".

(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1683 seconds (0.1#10.140)