5 Doa Aqiqah Mulai Saat Menyembelih Hewan Sampai Walimah Al-aqiqah

Jum'at, 11 Agustus 2023 - 14:27 WIB
loading...
5 Doa Aqiqah Mulai Saat Menyembelih Hewan Sampai Walimah Al-aqiqah
Aqiqah adalah praktik dalam agama Islam dimana orang tua menyembelih hewan kurban sebagai tanda syukur atas kelahiran seorang anak.  Foto ilustrasi/ist
A A A
Doa Aqiqah wajib diketahui oleh umat Islam. Pasalnya aqiqah adalah praktik dalam agama Islam dimana orang tua menyembelih hewan kurban sebagai tanda syukur atas kelahiran seorang anak.

Hukum aqiqah adalah sunnah muakkad, sebagaimana dijelaskan dalam hadis berikut:

عَنْ سَمُرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ‌الغُلَامُ ‌مُرْتَهَنٌ ‌بِعَقِيقَتِهِ ‌يُذْبَحُ ‌عَنْهُ ‌يَوْمَ ‌السَّابِعِ، ‌وَيُسَمَّى، ‌وَيُحْلَقُ ‌رَأْسُهُ


Artinya: “ Dari Samurah, ia berkata, Nabi bersabda: Seorang bayi itu digadaikan dengan (jaminan) aqiqahnya; aqiqah itu disembelih pada hari ketujuh (dari hari kelahiran), (pada hari itu pula) si bayi diberi nama dan dipotong rambutnya (HR Sunan al-Tirmidzi 4/101, dalam kitab Al-Adlaha bab Al-aqiqah).

Berikut adalah 5 doa aqiqah mulai saat menyembelih hewan sampai Walimah Al-aqiqah yang perlu diketahui:

Doa Aqiqah Mulai Saat Menyembelih Hewan Sampai Walimah Al-aqiqah

1. Doa Saat Menyembelih Hewan

بسم الله والله أكبر اللهم لك وإليك هذه عقيقة فلان


Bismillahi wallahu akbar, Allahumma laka wa ilaika hadzihi ‘aqiiqotu fulaan. (HR. Baihaqi)

Artinya"Dengan nama Allah dan Allah Maha Besar. Ya Allah, ini milik-Mu dan untuk-Mu. Ini adalah Aqiqah si Fulan... (HR Baihaqi)

Keterangan: Sebutkan nama anak yang diaqiqah untuk menggantikan kata fulan.

Contohnya jika nama anaknya Muhammad dan Bapaknya Ahmad maka bacaannya adalah sebagai berikut: “Bismillahi wallahu akbar, Allahumma laka wa ilaika hadzihi ‘aqiiqotu Muhammad bin Ahmad.”

2. Doa Aqiqah Saat Mencukur Rambut Bayi

Dalam tahapan ini bayi akan digendong untuk berkeliling di antara keluarga dan sanak saudara untuk dicukur rambutnya. Adapun doa saat mencukur rambut bayi:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ أَللهم نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَنُوْرُالشَّمْسِ وَالْقَمَرِ, اللهم سِرُّ اللهِ نُوْرُ النُّبُوَّةِ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهِ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ


Bismillahirrahmanirrahîm. Alhamdulillahirabbil ‘alamin. Allahumma nurus samawati wa nurusy syamsyi wal qomari, Allahumma sirruLlahi nurun nubuwwati RasuluLlahi ShallaLlahu ‘alaihi wasallam walhamduliLlahi Rabbil ‘alamin.

Artinya: “ Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, Ya Allah, cahaya langit, matahari dan rembulan. Ya Allah, rahasia Allah, cahaya kenabian, Rasululullah SAW, dan segala puji Bagi Allah, Tuhan semesta alam.”

3. Doa Perlindungan Bayi

Dari sahabat yang mulia Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma, beliau menceritakan, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membacakan doa perlindungan untuk kedua cucunya yaitu al-Hasan dan al-Husain radhiyallahu ‘anhuma.

أُعِيذُكُمَا بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ، مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ


“Aku memohon perlindungan dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna, dari semua godaan setan dan binatang pengganggu serta dari pandangan mata buruk.” (HR. Abu Daud 3371, dan dishahihkan al-Albani).

a. Doa Bayi Laki - Laki

أُعِيذُكَ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ، مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ


“U’iidzuka bikalimaatillahit taammati min kulli syaithaanin wa haammah, wamin kulli ‘ainin laammah”

b. Doa Bayi Perempuan

أُعِيذُكِ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ، مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ


“U’iidzuki bikalimaatillahit taammati min kulli syaithaanin wa haammah, wamin kulli ‘ainin laammah”

4. Ucapan Selamat Kelahiran Bayi Sebagai Doa

بَارَكَ اللهُ لَكَ فِي المَوهُوبِ لَكَ، وَشَكَرْتَ الوَاهِبَ، وَبَلَغَ أَشُدَّهُ، وَرُزِقْتَ بِرَّهُ
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1583 seconds (0.1#10.140)